Kudus (ANTARA) - Dampak banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, semakin meluas karena sehari sebelumnya hanya terjadi di 23 desa saat ini bertambah menjadi 25 desa yang tersebar di lima kecamatan, menyusul curah hujan yang semakin tinggi.

"Berdasarkan data tangga 4 Januari 2023 pukul 11.00 WIB, tercatat ada 25 desa yang tersebar di lima kecamatan yang terdampak banjir. Kelima kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Kaliwungu dan Jekulo," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji di Kudus, Rabu.

Di Kecamatan Mejobo, kata dia, awalnya hanya tujuh desa yang terdampak banjir, kemudian hari ini (4/1) bertambah menjadi sembilan desa, meliputi Desa Temulus, Mejobo, Payaman, Gulang, Hadiwarno, Kesambi, Kirig, Jojo dan Golantepus.

Untuk Kecamatan Jati, imbuh dia, masih sama seperti sebelumnya tersebar di lima desa. Di antaranya, di Desa Jati Wetan, Tanjung Karang, Jetis Kapuan, Pasuruan Lor, dan Jati Kulon. Sedangkan dari Kecamatan Undaan ada empat desa, meliputi Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, dan Wates.

Kecamatan Kaliwungu ada empat desa, yakni Setrokalangan, Kedungdowo, Blimbing Kidul dan Banget. Sedangkan Kecamatan Jekulo ada tiga desa, meliputi Desa Bulungcangkring, Bulung Kulon, dan Sadang.

Akibat banjir tersebut, sebanyak 325 keluarga atau 876 orang mengungsi. Di antaranya ada yang mengungsi di balai desa, sekolah, tempat ibadah, gedung PKK, TPQ, dan DPRD.

Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum setiap harinya, sudah disiapkan dapur umum dengan menyiapkan ratusan bungkus makan serta ada yang disediakan secara prasmanan.

Akses jalan juga banyak yang tergenang, di antaranya di Jalan Lingkar Kudus di depan Terminal Induk Jati Kudus, Perempatan Kencing Kudus, Jalan Kudus-Purwodadi, serta sejumlah akses jalan masuk di sejumlah pedesaan. ***

Baca juga: Pemkot Semarang butuh pembebasan lahan untuk proyek penanganan banjir
Baca juga: BNPB salurkan bantuan dana dan logistik penanganan banjir Pekalongan
Baca juga: Drainase kota berpopulasi besar pantura Jawa tak cukup hadapi banjir

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023