Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia menurunkan skuad terbaik pada PLN Mobile Proliga 2023, salah satunya ada nama pevoli langganan timnas Argentina Julieta Lazcano.

Lazcano adalah satu dari dua pemain asing yang didatangkan Gresik Petrokimia bersama Bogdana Anisova asal Ukraina untuk mengarungi kompetisi bola voli profesional paling bergengsi tersebut.

Gresik Petrokimia merekrut Lazcano bukan tanpa alasan. Middle blocker 33 tahun itu telah malang melintang tampil bersama klub di kompetisi berbagai negara seperti Argentina, Italia, Prancis, Brazil, dan Polandia.

Dalam dua edisi Olimpiade yakni 2016 di Rio de Janeiro, Brazil dan 2020 di Tokyo, Jepang, Lazcano juga menjadi andalan timnas Argentina.

Komposisi skuad Gresik Petrokimia makin lengkap dengan hadirnya pevoli berlabel timnas Indonesia seperti Hanny Budiarti, Mediol Stiovanny Yoku, dan Nety Dyah Puspitarani.

Baca juga: Demi tiket final, Petrokimia siap tampil "all out" melawan Pertamina

Selain itu, tim asal Jawa Timur itu juga mendatangkan Yolana Bheta Pangestika, yang membawa Bandung BJB Tandamata juara Proliga 2022. Ada juga libero muda yang sebelumnya memperkuat Jakarta Elektrik PLN Sania Clarissa Putri.

Ayub Hidayat tetap berada di kursi pelatih. Dia adalah juru taktik berpengalaman. Musim lalu, Ayub membawa Gresik Petrokimia ke final. Sayang mereka harus puas menjadi runner-up usai kalah dari Bandung bjb Tandamata dengan skor 1-3 (17-25, 19-25, 25-22, 18-25).

Hasil tersebut menjadi kali keenam Gresik Petrokimia kalah di final setelah pada 2002, 2003, 2004, 2006, dan 2007.

Baca juga: Bandung bjb Tandamata pastikan gelar juara Proliga 2022
Baca juga: Jadwal lengkap pertandingan PLN Mobile Proliga 2023


Kini, Gresik Petrokimia akan menghadapi lima tim lainnya pada kompetisi Proliga 2023 yakni Bandung bjb Tandamata, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta BIN.

Gresik bakal membuka rangkaian pertandingan kompetisi bola voli paling profesional ini menghadapi tuan rumah Bandung bjb Tandamata di GOR Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/1).

Berikut susunan pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada Proliga 2023:

Outside Hitter
Bogdana Anisova
Mediol Stiovanny
Afifah
Ersandrina Devega
Hany Budiarti

Middle Blocker
Dhea Cahya Pitaloka
Indah Diah Lestari
Julieta Lazcano
Nety Dyah Puspitarani

Opposite
Bela Sabrina Agustina
Sri Ainun Nissa

Setter
Yolana Betha Pangestika
Dewi Intan Sari

Libero
Sania Clarissa Putri
Siti Romadhani
Ria Mayasari

Pelatih: Ayub Hidayat

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023