"Peresmian bangunan-bangunan hari ini sekaligus sebagai kenangan untuk saya sebelum dipindahkan tugaskan ke tempat yang baru," kata Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Kamis.
Baturaja (ANTARA) - Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, AKBP Danu Agus Purnomo meresmikan sebanyak enam bangunan fasilitas pelayanan masyarakat sebagai simbol Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang dibangun di Mapolres setempat pada tahun lalu.

Peresmian bangunan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danu Agus Purnomo menjelang akhir masa jabatannya sebagai Kapolres OKU sebelum menempati pos barunya sebagai Kapolres Musi Rawas Polda Sumsel.

"Peresmian bangunan-bangunan hari ini sekaligus sebagai kenangan untuk saya sebelum dipindahkan tugaskan ke tempat yang baru," kata Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, bangunan yang diresmikan tersebut meliputi Monumen Gajah Putih dilengkapi dengan taman yang dibangun tepat di depan Gedung Mapolres OKU yang melambangkan kekuatan, ketaatan dan kesabaran insan Polri dalam menjalankan tugas di kepolisian.

Kemudian, bangunan Posyandu Kemala/PD SUMSEL/XIII-14 Cabang OKU, renovasi ruang rapat Wicaksana Laghawa 2002, pembangunan Pendopo Wicaksana Laghawa, renovasi Masjid An-Nafi’ dan renovasi ruang multimedia Wicaksana Laghawa di Polres OKU.

"Bangunan terakhir dan yang terpenting adalah saat ini Polres OKU sudah memiliki ruang Command Center sebagai tempat pelayanan dan pengaduan masyarakat," katanya.

Danu menjelaskan, ruang command center ini sebagai posko yang membackup tugas-tugas polisi untuk memantau aktifitas masyarakat di beberapa titik jalan raya wilayah setempat.

"Fasilitas pelayanan masyarakat ini dilengkapi teknologi canggih dengan ahli IT yang siaga di ruang command center," ujarnya.

Anggota yang siaga 1x24 jam tersebut bisa mengurai jalur padat kendaraan melalui layar TV untuk segera mengurai kemacetan arus lalulintas maupun masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi.

Ia berharap dengan diresmikannya enam bangunan simbol Polri tersebut dapat meningkatkan kinerja jajaran anggota Polres OKU agar semakin profesional sehingga polisi semakin dicintai masyarakat di daerah itu.

"Saya berharap dengan diresmikannya bangunan-bangunan ini dapat mendukung kinerja anggota kepolisian dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tegasnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023