Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, sejauh ini, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) telah membuktikan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan TNI Angkatan Laut (AL).

"Kowal telah membuktikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan organisasi. Dalam setiap dharma bhaktinya, para srikandi Jalasena ini terbukti mampu menjawab tantangan dan tuntutan tugas dalam barisan penjaga laut Nusantara, tanpa mengesampingkan kodratnya sebagai wanita," ujar Ali, sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Yudo Margono serahkan tongkat kepemimpinan Kasal kepada Muhammad Ali

Pembuktian tersebut, lanjut dia, mendorong TNI AL untuk senantiasa menjamin hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama antara prajurit perempuan dan prajurit pria yang salah satunya diwujudkan melalui kesempatan yang sama bagi mereka untuk berkarier serta mengemban tugas dan jabatan strategis di TNI AL.

Hal tersebut disampaikan Ali dalam acara Syukuran Peringatan HUT Ke-60 Korps Wanita TNI Angkatan Laut Tahun 2023 di Auditorium Denma Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta, Kamis.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Fera Muhammad Ali selaku Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena berpesan kepada Kowal agar jangan sampai melupakan kodrat dasarnya sebagai wanita. Kodrat dasar itu adalah harus mampu menjaga keseimbangan antara tugas dan tanggung jawab sebagai seorang prajurit TNI AL, istri, dan seorang ibu sehingga mampu melaksanakan beragam peran itu secara baik.

Pada tahun ini, HUT Kowal yang diperingati setiap tanggal 5 Januari itu diselenggarakan dengan mengangkat tema “Profesionalisme dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Dalam kesempatan tersebut, Ali berkesempatan menyapa Kowal dari jajaran TNI AL. Ia lalu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Kowal atas dedikasi dan loyalitas mereka.

Ali berharap Kowal dapat menjadikan momentum ulang tahun itu untuk terus membangun kapasitas dan kapabilitas mereka guna meningkatkan eksistensi dalam perjuangan membangun kejayaan TNI AL.

Baca juga: Prabowo dan Muhammad Ali bahas penguatan matra laut 
Baca juga: Sepekan Presiden lantik Kasal hingga Jokowi cabut PPKM

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023