Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberi peringatan kepada Vietnam jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 sembari menegaskan bahwa kondisi dan kualitas skuadnya kini jauh lebih baik dibandingkan saat bertemu di fase grup SEA Games 2021.

Kala itu, Indonesia dipaksa menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam, memperpanjang rekor buruk Shin dalam perjumpaan dengan kompatriotnya Park Hang-seo.

"Waktu itu masih ada pandemi COVID-19, sekarang, kan, tidak lagi. Indonesia sudah menggulirkan kompetisi, jadi saya bisa memilih pemain. Masa lalu adalah masa lalu," tutur Shin dalam jumpa pers pralaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Terakhir kali Shin mengantarkan Indonesia menang melawan Vietnam terjadi dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Skuad Garuda mengantongi skor 3-2. Akan tetapi saat itu Vietnam U-20 tidak ditangani oleh Park, melainkan Dinh The Nam.

Baca juga: Shin Tae-yong pastikan semua pemain siap hadapi Vietnam termasuk Nadeo

Di sisi lain, Shin mengatakan bahwa kekalahan di SEA Games 2021 tidak lepas dari singkatnya fase persiapan kala itu.

"Kami memang pernah kalah melawan Vietnam sebelumnya. Akan tetapi, waktu itu persiapan sangat pendek. Sekarang, sudah cukup waktu mempersiapkan tim yang lebih baik," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Kendati percaya diri, Shin tetap mengakui Vietnam sebagai tim yang bagus dan sulit dikalahkan berkat kualitas organisasi dan pertahanan skuad besutan Park itu sangat baik.

Senada dengan Shin, gelandang serang Marselino Ferdinan juga mengakui kualitas Vietnam, tapi pemain Persebaya Surabaya itu menegaskan tidak mau perhatian ia dan rekan-rekannya tersita hanya pada kekuatan lawan.

"Kami fokus ke tim sendiri, bekerja keras untuk mengambil tiga poin di laga awal semifinal ini," kata pesepak bola berusia 18 tahun itu.

Baca juga: Shin genjot latihan "finishing" agar timnas efektif kontra Vietnam

Indonesia memburu hasil positif saat menjamu Vietnam di SUGBK untuk leg pertama semifinal pada Jumat (6/1) besok mulai pukul 16.30 WIB, sebelum ganti bertandang ke Hanoi tiga hari berselang.

Meski sejak 1991 Indonesia memiliki catatan delapan kemenangan dan hanya tujuh kali kalah dalam 25 pertemuan kontra Vietnam, tim besutan Shin dibayangi rekor nirmenang dalam empat pertemuan terakhir.

Terlebih, Shin juga belum pernah menang kontra Vietnam sejak Park menduduki kursi pelatih di tim Bintang Emas tersebut.

Baca juga: Vietnam jadi lawan Indonesia di semifinal Piala AFF

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023