Jakarta (ANTARA) - Tesla memangkas harga mobil Model 3 dan Model Y di China untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari tiga bulan terakhir, menurut laporan Reuters yang disiarkan Jumat.

Menurut perhitungan Reuters, pemangkasan harga mobil Tesla, bersama dengan penurunan harga yang terjadi pada Oktober 2022 serta berbagai insentif hingga 10.000 yuan di China selama tiga bulan terakhir, berkisar antara 13 persen hingga 24 persen dari September 2022.

Baca juga: Korsel denda Tesla atas klaim berlebihan soal mobil listriknya

Pada Jumat, produsen mobil asal AS itu memangkas harga untuk semua versi kendaraan Model 3 dan Model Y di China antara 6 persen hingga 13,5 persen, menurut perhitungan Reuters berdasarkan harga yang ditampilkan di situs web. Harga awal untuk Model 3, misalnya, dipotong menjadi 229.900 yuan dari 265.900 yuan.

Langkah itu dilakukan setelah penjualan mobil Tesla buatan pabrik China itu turun menjadi 55.796 unit pada Desember 2022, menurut data Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA).

Produsen asal AS itu juga menghadapi persaingan yang semakin ketat dari pesaing-pesaingnya di China. Model 3 dan Y adalah satu-satunya model yang dikirimkan di China, meskipun pada Jumat diumumkan pula harga untuk Model S dan Model X di China.

Menurut perhitungan Reuters, harga mobil Model 3 dan Model Y China saat ini 24 persen hingga 32 persen lebih rendah daripada di Amerika Serikat yang merupakan pasar terbesar bagi Tesla.

Baca juga: Penjualan mobil Tesla China turun ke level terendah di Desember 2022

Baca juga: Korsel denda Tesla 2,2 juta dolar AS

Baca juga: Korsel denda Tesla 2,2 juta dolar, melebih-lebihkan jarak mengemudi EV
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023