Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menanam
ribuan pohon di kolong Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang berada di Jalan Laksamana Malahayati, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, total ada 10.200 pohon yang ditanam di kolong tol sepanjang lima kilometer tersebut.

"Pagi ini kami melakukan penanaman pohon di sepanjang jalur hijau bawah kolong Tol Becakayu. Ini lahan punya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola Jasa Tirta II," kata Heru di Jakarta, Jumat.

Heru menambahkan, pohon-pohon yang ditanam di kawasan tersebut di antaranya ketapang kencana dan tabebuya serta aneka tanaman hias berupa melati gambir dan pilo kuning.

"Sebelumnya kan ini lahan kosong, semak belukar, kita rawat, tempatnya sangat strategis," ujar Heru.

Heru mengatakan, penanaman pohon di lokasi tersebut juga bertujuan untuk menjaga kualitas air baku untuk PAM. "Menanam lima kilometer saja kita sudah membawa manfaat lebih hijau, air terjaga," tutur Heru.

Pj Gubernur mengatakan, kegiatan "Jumat Menanam" ini akan dilakukan secara rutin setiap hari Jumat dengan menanam berbagai jenis pohon dan tanaman hias di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

"Kami juga dengan Dinas LH akan ke tempat lain. Mungkin di Utara, Selatan. Kita jadwalkan setiap Jumat," kata Heru.
Baca juga: DKI Jakarta gencarkan pertanian perkotaan
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023