Pekalongan (ANTARA) - Korps Batalyon B Pelopor Satuan Brigade Mobil Polda Jawa Tengah, menyiapkan truk pengolahan air (water treatment) untuk menyuplai air bersih siap minum guna memenuhi kebutuhan para pengungsi korban banjir di Kota Pekalongan.

Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jateng AKBP Supandi di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa truk dengan kapasitas 150 liter air siap dikonsumsi ini didatangkan dari Mako Korps Brimob Polri.

"Truk pengolahan air ini sangat membantu masyarakat terdampak banjir. Respon masyarakat pun luar biasa, tadi banyak yang ke sini untuk mengambil air," katanya.

AKBP Supandi yang didampingi Koordinator Lapangan Iptu Suwarto mengatakan truk ini dapat menghasilkan air panas (mendidih), air dingin, dan air biasa sehingga akan memudahkan para pengungsi yang membutuhkan.

Truck "water treatment" ini, kata dia, merupakan peralatan terbaru dari Korps Brimob Polri ini didatangkan ke Kota Pekalongan pada 4 Januari 2023.

"Melalui proses, truk pengolahan air ini dapat menghasilkan air bersih yang semula keruh, bahkan air sungai bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi masyarakat," katanya.

Dikatakannya, pihaknya siap memberikan bantuan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama para korban banjir yang membutuhkan pertolongan.

"Demikian, pula, kami berharap kondisi banjir yang melanda daerah ini bisa segera surut sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti semula," katanya.

Baca juga: BNPB salurkan bantuan dana dan logistik penanganan banjir Pekalongan

Baca juga: Pemkot Pekalongan tinggikan tanggul sungai cegah banjir

Baca juga: Banjir mulai surut, jumlah pengungsi Pekalongan terus berkurang


 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023