Kapolri berkunjung ke Jayapura dan Timika dalam rangka mendampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang dijadwalkan tiba Minggu (8/1) di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura
Jayapura (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan pada Minggu (8/1) 2023 meresmikan Markas Komando (Mako) Polda Papua di Koya Tengah, Kota Jayapura, Provinsi Papua.
 
Kepala Biro Logistik Polda Papua, Kombes Ihsan Amin kepada ANTARA, Jumat di Jayapura mengatakan Mako Polda Papua yang akan diresmikan itu dibangun sejak tahun 2020 dengan menghabiskan dana sebesar Rp206.601.423.500,-.
 
Pembangunan Mako Polda Papua itu dilakukan di atas tanah seluas 4,2 hektare dari lahan yang disiapkan seluas 150 hektare.
 
"Memang lahan yang digunakan saat ini baru 4,2 hektare dengan lima bangunan yang sudah dibangun di atasnya," katanya.
 
Dijelaskan, tidak semua bagian nantinya berkantor di Mapolda Papua yang baru di Koya Tengah karena masih ada yang tetap di kantor lama, yaitu yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat seperti direktorat reskrim umum, direktorat reskrim khusus, direktorat lantas, direktorat narkoba dan bidang pengamanan objek vital.
 
Untuk bangunan yang sudah siap diresmikan, kata Ihsan, pembangunannya sudah dilakukan sejak tahun 2020, namun sempat mengalami hambatan akibat merebaknya COVID-19.
 
Nantinya di lahan 150 hektare yang sudah menjadi milik Polda Papua akan dibangun sarana ibadah seperti masjid dan gereja serta sarana pendukung lainnya.
 
Kapolri berkunjung ke Jayapura dan Timika dalam rangka mendampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang dijadwalkan tiba Minggu (8/1) di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, demikian Ihsan Amin.
 
Baca juga: Kapolri ingatkan jajarannya kawal pembangunan Papua

Baca juga: Kapolri nyatakan siap bantu KPK proses Lukas Enembe

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri bahas penanganan Papua

Baca juga: Kapolri semangati prajurit TNI-Polri bertugas jaga kamtibmas di Papua

 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023