Jakarta (ANTARA) - Pembuat panel Korea Selatan LG Display Co. memamerkan panel futuristik di Consumer Electronics Show (CES) 2023, termasuk layar OLED kaca bening, yang diklaim dapat dikomersialkan hanya dalam beberapa tahun.

Seperti disiarkan Yonhap, Jumat (6/1), LG Display mendirikan stan khusus panel otomotif mutakhir untuk pertama kalinya di pameran teknologi terbesar di dunia yang digelar di Las Vegas itu.

Baca juga: Samsung dan LG akan pamerkan teknologi layar OLED di IMID 2021

Perusahaan mengatakan potensi pertumbuhan yang besar terletak pada bisnis panel otomotif global, lantaran permintaan telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir karena popularitas kendaraan listrik dan konektivitas serta elektronik yang lebih baik dalam kendaraan.

Pasar display otomotif diperkirakan tumbuh 8,7 persen per tahun mencapai 10,5 miliar dollar AS pada 2025, menurut firma riset Omdia.

Mobil konsep self-driving LG Display dilengkapi dengan panel OLED otomotif 18 inci yang dapat digeser, panel OLED transparan 55 inci di jendela samping, dan layar LCD otomotif 57 inci terbesar di dunia yang menutupi seluruh dasbor.

OLED plastiknya mengurangi konsumsi daya dan berat, kata perusahaan itu, menjadikannya komponen yang sempurna untuk kendaraan listrik. Struktur tipis dan ringan P-OLED juga memungkinkan fleksibilitas yang besar dalam mendesain dasbor, tambahnya.

Mobil itu juga memiliki apa yang disebut perusahaan sebagai speaker dalam kendaraan "tak terlihat" yang disebut Thin Actuator Sound Solution.

Dengan lebar 150 milimeter (mm) dan tinggi 90 mm, speaker tipis dan ringan ini dapat dipasang hampir tersembunyi di dalam mobil dan tetap memastikan kualitas suara stereo, menurut LG Display.

Baca juga: LG ungkap layar "strechable" beresolusi tinggi pertama di dunia

Baca juga: LG Display akan pamerkan layar OLED terbaru di CES 2022

Baca juga: LG Display perluas penggunaan layar OLED transparan

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023