Pangkalpinang (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Pusat Nirmala Dewi menyebutkan bahwa Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cocok menjadi tuan rumah sport tourism bola basket baik level nasional dan internasional.

"Semangat Walikota Pangkalpinang yang luar biasa untuk memajukan basket dan kami tentunya ingin Negeri Beribu Senyuman ini dapat menjadi tuan rumah event-event bola basket tingkat nasional maupun internasional," kata Nirmala Dewi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Kejurnas Bola Basket U15 yang akan digelar di Kota Pangkalpinang, Minggu (8/1) ini berkat dukungan penuh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, sebagai langkah beliau untuk memajukan olah raga basket dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Perbasi terima kasih kepada Pangkalpinang gelar Kejurnas U15

"Apabila pelaksanaan Kejurnas Bola Basket U15 ini sukses, maka kami akan menggelar sport tourism basket di destinasi-destinasi wisata Kota Pangkalpinang ini," katanya menambahkan.

Ia menyatakan tidak hanya sport tourism basket tetapi Perbasi juga siap menggelar kejuaraan bola basket di Negeri Beribu Senyuman ini rutin setiap tahun.

"Kota Pangkalpinang ini memiliki potensi, karena memiliki destinasi wisata yang bagus, kulinernya juga enak, masyarakatnya juga ramah dan ini merupakan modal dasar untuk penyelenggaraan event-event bola basket skala nasional dan internasional," katanya menjelaskan.

Meskipun demikian, lanjut dia, Perbasi akan melihat potensi-potensi apa saja yang dimiliki Kota Pangkalpinang ini, misalnya infrastruktur pendukung dan lapangan basket yang dimiliki Kota Pangkalpinang, apakah lapangan basket daerah sudah memenuhi standar yang ditetapkan atau belum.

"Infrastruktur lapangan basket ini sangat penting, jika sudah ada lapangan yang sudah berstandar dan cukup baik tentunya kami akan menggelar event bola basket internasional di sini," pungkas Nirmala Dewi.

Baca juga: Perbasi napak tilas kepada pendiri organisasi basket Indonesia
Baca juga: Ketum Perbasi: Menteri BUMN dukung penuh bola basket Indonesia

Pewarta: Aprionis
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023