Garut (ANTARA) - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan Pasar Bahagia yang diselenggarakan oleh komunitas Yuk Peduli di Masjid Pemuda Ashabul Kahfi, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, untuk membantu masyarakat miskin mendapatkan kebutuhan pokok secara gratis.

"Yuk Peduli sudah memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Garut dan memang hari ini masyarakat sangat membutuhkan dengan makanan sehat," kata Helmi Budiman saat meninjau Pasar Bahagia, Sabtu.

Ia menuturkan kegiatan Pasar Bahagia merupakan acara yang menarik karena diawali dengan beberapa rangkaian ibadah, seperti Salat Tahajud, Shalat Subuh berjamaah, ceramah, kemudian diakhiri dengan kegiatan Pasar Bahagia.

Kegiatan itu, kata dia, bertujuan untuk membantu masyarakat Garut, khususnya bagi masyarakat tidak mampu karena membelinya tidak pakai uang melainkan dengan doa yang baik-baik.

"Pasar Bahagia itu ada pasar, kita bisa mengambil makanan, dan gratis. Itu cukup dengan berdoa, doanya boleh apa saja, apapun," kata Helmi.

Salah seorang panitia kegiatan, Nurwan mengatakan kegiatan Pasar Bahagia sudah tiga kali diselenggarakan oleh komunitas Yuk Peduli sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

Kegiatan itu, kata dia, merupakan puncak acara yang sebelumnya dilaksanakan rangkaian kegiatan seperti tahajud, membaca Al Quran, dan Shalat Subuh berjamaah.

"Sambil nunggu Shalat Subuh kita ajak juga tilawah, sekali tilawah itu satu juz, setelah itu Shalat Subuh berjamaah akbar ditutup dengan tausiyah akbar, baru setelah tutup semua rangkaian utamanya Pasar Bahagia," kata Nurwan.

Ia mengatakan kegiatan Pasar Bahagia itu ditargetkan dihadiri sebanyak dua ratusan orang, namun yang hadir ternyata lebih banyak, masyarakat cukup antusias hadir dalam acara tersebut.

"Ini kita khususkan untuk masyarakat Desa Cipicung, tapi Alhamdulilah juga dengan spanduk yang kita pasang kemarin, juga banyak masyarakat umum yang datang dari Kecamatan Banyuresmi," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa terus berlanjut dan mendapatkan banyak dukungan dari semua pihak, sehingga masyarakat tetap bahagia bisa mendapatkan barang kebutuhan pokoknya secara gratis.

"Harapan kami mudah-mudahan Pasar Bahagia ini bisa terus berlanjut, jadi kami bisa terus menjaga senyum abadi para ibu-ibu, jadi pas datang ke rumah bisa langsung masak enak, enggak usah memikirkan uang dari mana, dan yang paling penting dukungan dari Pak Wabup menjadi dukungan besar bagi kami bahwa kami menjadi bagian mensukseskan program pemerintah," katanya.*

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023