Beijing (ANTARA) - Sejumlah pelajar Indonesia menggelar festival budaya di Taipei, Taiwan, dengan menyuguhkan berbagai atraksi seni dan makanan khas Nusantara kepada para pengunjung.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar selama pandemi COVID itu mengangkat tema "Wonderful Indonesia", kata Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Taipei Medical University (PPI TMU) Kamaluddin Latief dalam pernyataan yang diterima di Beijing, Minggu.

Pertunjukan seni budaya diawali dengan penampilan kolaborasi mahasiswa TMU asal Bali bersama tim Gamelan Gita Lestari National Taiwan University (NTU), yang dilanjutkan dengan suguhan keroncong "Bengawan Solo" oleh mahasiswa TMU.

Setelah itu, ditampilkan lagu tradisional Jawa Barat "Cing Cangkeling", permainan angklung lagu "Manuk Dadali" dan lagu Taiwan "Tong Hua" serta lagu daerah Jawa "Ojo Lamis".

Tari Saman juga turut dipentaskan dalam acara tersebut.

Acara itu ditutup dengan flashmob oleh semua pendukung acara yang mengenakan pakaian adat Nusantara dan batik yang diiringi lagu-lagu Nusantara.

Nasi rendang, bakso, mi ayam, lontong sate, pempek, gorengan, klepon, lupis, dan getas menjadi suguhan buat para pengunjung.

Kepala Bidang Perlindungan WNI dan Penerangan Sosial Budaya Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Novrizal dan Wakil Rektor TMU Prof Chieh-Hsi Wu turut hadir dalam acara tersebut.

"Kerja sama dan persahabatan adalah kata kunci kami dalam acara ini," kata Novrizal.

Pihak TMU menyampaikan dukungannya terhadap acara yang digelar pelajar asal Indonesia itu.

"Indonesia adalah negara yang sangat menarik. Kami memiliki interaksi yang sangat kuat. Hubungan juga kuat antarpelajar internasional dan pelajar lokal. Sangat senang memiliki keragaman budaya di TMU ini," kata Wu.

Baca juga: KDEI Taipei pamerkan produk makanan buatan UMKM Indonesia di Taiwan
Baca juga: KDEI Taipei permudah pengurusan paspor WNI Taiwan

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023