Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo setuju dengan pernyataan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bahwa kualitas skuad "Garuda" terus berkembang tetapi dia menegaskan itu tetap harus dibuktikan di lapangan.

"Shin Tae-yong itu pelatih yang bagus dan membawa timnya berkembang. Namun, bagaimana pun, itu harus ditunjukkan dengan hasil di pertandingan," ujar Park dalam konferensi pers sebelum laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, yang mempertemukan skuadnya dengan Indonesia, di Kantor VFF, Hanoi, Vietnam, Minggu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun menantang Shin Tae-yong untuk menunjukkan perbaikan kualitas timnas Indonesia pada pertandingan kedua tim di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1), di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Kalau Indonesia mampu menundukkan Vietnam, Park mengatakan Shin boleh bicara apa saja soal performa skuadnya saat ini.

Hal itu termasuk pendapat Shin yang menyebut kekuatan Indonesia di bawah besutannya sudah setara dengan Vietnam dan Thailand.

"Akan tetapi, kalau kami menang atau tidak kalah, saya berharap dia tidak mengatakan hal yang sama lagi," kata Park.

Baca juga: Dendy janji Indonesia lebih baik di leg kedua semifinal Piala AFF

Sebelumnya, dalam konferensi pers yang sama, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong percaya diri menyebut kualitas skuadnya kini sudah setara dengan Vietnam, seiring dengan keberhasilannya membangun kestabilan dan kualitas skuad "Garuda".

"Ketika saya menangani timnas Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam," tutur Shin.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 Vietnam kontra Indonesia digelar mulai pukul 19.30 WIB.

​​Pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), kedua tim bermain seri tanpa gol yang membuat Indonesia cuma memerlukan hasil seri dengan gol, yang artinya unggul gol tandang, untuk menyegel satu tempat di final.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia dan Vietnam sudah 26 kali saling bertemu sejak tahun 1991. Selama itu, Indonesia menang delapan kali, kalah tujuh kali dan sisa laga lain tuntas dengan hasil imbang.

Setidak-tidaknya dalam enam tahun terakhir, Indonesia selalu kesulitan saat menghadapi Vietnam. Sejak 7 Desember 2016, Indonesia dua kali imbang dan dua kali takluk saat bersua Vietnam.

Shin Tae-yong pun belum pernah menang atas Vietnam asuhan Park Hang-seo.

Baca juga: Dendy janji Indonesia lebih baik di leg kedua semifinal Piala AFF

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023