Jakarta (ANTARA) - Juara Australian Open dua kali Naomi Osaka menambah daftar petenis top yang menarik diri dari Grand Slam pembuka tahun itu, Minggu.

Pihak penyelenggara, Tennis Australia, tidak diberi alasan kenapa petenis Jepang itu memutuskan absen.

"Kita akan merindukannya di AO2023," cuit Tennis Australia.

Sementara itu, Dayana Yastremska dari Ukraina dipromosikan ke drawing utama di Melbourne Park karena absennya Osaka, demikian AFP.

Baca juga: Naomi Osaka jadi atlet putri dengan bayaran tertinggi 2022

Osaka belum bertanding secara kompetitif lagi sejak September dan sejumlah laporan media pada pekan lalu menyebutkan bahwa, meski sang petenis berada dalam daftar entri ofisial, Tennis Australia kesulitan mengonfirmasi keberadaan Osaka.

Petenis 25 tahun itu terindikasi, lewat akun media sosialnya, sedang bertamasya di Eropa dengan kekasihnya, musisi rap Cordae.

Absennya Osaka menjadi pukulan bagi turnamen yang akan dimulai pada 16 Januari itu setelah sang juara US Open dan petenis peringkat dua dunia Carlos Alcaraz menarik diri pada Jumat karena cedera kaki.

Veteran Amerika Serikat Venus Williams juga akan melewatkan penampilan di Melbourne menyusul cedera yang ia dapatkan saat bertanding Auckland Classic dan menyerahkan kembali wildcard yang ia dapatkan sebelumnya.

Baca juga: Alcaraz lewatkan Australian Open karena cedera kaki

Penyelenggara Australia Open sudah terhuyung-huyung menyusul keputusan pensiun petenis juara Ashleigh Barty dan legenda Serena Williams, serta Roger Federer pada tahun lalu.

Mantan peringkat satu dunia dan juara dua Grand Slam Simona Halep juga tidak tampil menyusul sanksi pada Oktober lalu karena kedapatan mengonsumsi zat terlarang roxadustat.

Namun, juara sembilan kali Novak Djokovic akan kembali ke Melbourne setelah melewatkan turnamen tahun lalu ketika ia dideportasi karena status vaksinasinya.

Megabintang Spanyol Rafael Nadal, yang memenangi titel 2022 ketika Djokovic absen, akan juga tampil, mewarisi spot unggulan pertama dari Alcaraz.

Baca juga: Djokovic tak dendam dan sudah lupakan insiden deportasi di Australia

Osaka, juara di Melbourne pada 2019 dan 2021, terakhir kali berlaga di suatu turnamen ketika di Tokyo pada September lalu sebelum menarik diri karena cedera perut sehingga posisinya melorot ke peringkat 42 dunia.

Juara empat Grand Slam itu juga pernah menyatakan berkutat dengan kesehatan mental dan sepanjang 2022 berada di luar peringkat sepuluh besar.

Ia mengalami kekalahan pada babak pertama French Open dan US Open, sebelum mundur dari Wimbledon karena cedera Achilles.

"Tahun ini bukan tahun terbaik bagi saya tapi saya belajar banyak tentang diri saya," kata Osaka di Pan Pacific Open pada September tahun lalu.

"Roda kehidupan kadang di atas kadang di bawah, dan tahun ini lebih sering di bawah daripada di atas, tapi secara keseluruhan saya cukup senang dengan di mana saya sekarang."

Baca juga: Naomi Osaka mundur dari Pan Pacific Open karena sakit perut
Baca juga: Dominic Thiem dapat wildcard untuk tampil di Australian Open

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023