Jakarta (ANTARA) - Napoli unggul bersih tujuh poin di puncak klasemen Serie A setelah menang 2-0 melawan tuan rumah Sampdoria yang bermain dengan 10 pemain di Stadio Luigi Ferraris di Genoa, Minggu waktu setempat.

Sampdoria juga memberikan penghormatan kepada mendiang Gianluca Vialli dan Sinisa Mihajlovic.

Victor Osimhen membawa Napoli unggul pada menit ke-19 sebelum Eljif Elmas memastikan poin dari penalti pada delapan menit tersisa.

Kemenangan itu memperpanjang keunggulan Napoli atas Juventus yang sehari sebelumnya menang atas Udinese.

Sementara itu AC Milan gagal menyalip Juventus pada urutan kedua setelah gol Ibanez pada menit ke-87 dan Tammy Abraham pada menit 90+3 memupus keunggulan Milan atas AS Roma. Padahal Milan sudah memimpin 2-0 berkat gol Pierre Kalulu pada menit 30 dan Tommaso Pobega pada menit 77.

Baca juga: Inter Milan ditahan imbang 2-2 oleh Monza

"Kini kami sudah kembali, bersantai dan kemudian bersiap berlatih guna mempersiapkan pertandingan melawan Juventus," kata Osimhem seperti dikutip AFP.

Setelah mencetak gol liga ke-10 musim ini, Osimhen juga menjadi korban pelanggaran brutal Tomas Rincon yang dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-38 karena mengganjal pemain berusia 24 tahun itu saat menyerang ke arah gawang Sampdoria.

Tim asuhan Luciano Spalletti bangkit setelah dikalahkan Inter Milan tengah pekan lalu.

Kematian Vialli karena kanker pankreas pada Jumat dalam usia 58 tahun sangat menyakitkan para pendukung Sampdoria karena mantan penyerang Italia itu adalah salah satu legenda sepanjang masa Sampdoria dan tokoh kunci di balik satu-satunya gelar juara liga klub ini pada 1991.

Sedangkan Mihajlovic yang bermain untuk Sampdoria pada pertengahan 1990-an dan kemudian mengelola klub ini meninggal dunia karena leukemia bulan lalu.

Para pemain Samp melakukan pemanasan untuk pertandingan dengan kaos bernomor punggung Vialli, sementara para penggemar di tribun meneriakkan nama kedua legenda saat karangan bunga diletakkan untuk menghormati kedua legenda.

Namun kelangsungan hidup mereka dalam Serie A yang menduduki urutan 18 klasemen itu semakin sulit.

Mereka kini enam poin di belakang Spezia yang duduk tepat di luar zona degradasi dan imbang 0-0 melawan Lecce dalam hari yang sama.

Baca juga: Gol telat Danilo bawa Juventus menang 1-0 atas Udinese

Dalam pertandingan lain, Razvan Marin menyamakan kedudukan pada menit keempat waktu tambahan untuk membuat Empoli imbang 2-2 melawan Lazio, yang tiga poin dari posisi Liga Champions pada urutan kelima.

Lazio bermain tanpa dukungan penggemar beratnya yang diskors karena nyanyian rasis yang ditujukan kepada Samuel Umtiti saat kalah melawan Lecce tengah pekan lalu.

Tim asuhan Maurizio Sarri itu tampaknya tidak membutuhkan dukungan penonton itu saat melawan Empoli yang berada pada posisi ke-13.

Mereka unggul 2-0 sampai menjelang akhir pertandingan berkat gol Felipe Anderson pada menit kedua dan Mattia Zaccagni pada menit ke-54.

Namun Striker veteran Francesco Caputo membalaskan satu gol pada menit ke-83 yang disusul gol Razvan Marin pada menit 90+3.

Empoli unggul satu poin dari Monza dan Salernitana yang pada hari yang sama imbang 1-1 melawan Torino.

Torino unggul lebih dulu berkat gol Antonio Sanabria pada menit 36 yang disamakan pada babak kedua oleh Tonny Vilhena pada menit ke-49, demikian AFP dan ESPN.

Baca juga: Mantan bintang sepak bola Italia Gianluca Vialli meninggal dunia
Baca juga: Sinisa Mihajlovic meninggal dunia karena leukemia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023