Lebak (ANTARA) -
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tarjono, memprediksikan wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Senin berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
"Peluang hujan di dua kabupaten itu pagi dan siang menjelang sore hari secara merata," kata Tarjono saat dihubungi di Lebak, Senin.
 
Masyarakat Kabupaten Lebak dan Pandeglang tetap waspada peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
Peluang hujan itu dapat menimbulkan banjir dan longsor, terlebih di daerah tersebut kondisi alamnya terdapat pegunungan, perbukitan dan aliran sungai.
 
Oleh karena itu, BMKG mengimbau warga Kabupaten Lebak dan Pandeglang waspada menghadapi peluang hujan intensitas ringan hingga sedang.
 
"Kami meyakini kewaspadaan itu dapat mengurangi risiko kebencanaan,"katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, untuk wilayah Tangerang Raya dan Kabupaten/Kota Serang diprediksi berpotensi hujan ringan disiang hari menjelang sore.
 
Sedangkan, cuaca pagi dan malam hari diprediksi cerah berawan.
 
Namun, cuaca wilayah Kota Cilegon pada umumnya didominasi cerah berawan sepanjang hari.
 
Suhu udara di wilayah Banten berkisar antara 22 - 32 derajat Celcius dengan kecepatan angin rata rata 10 - 20 kilometer/jam, dengan arah dari Barat Daya hingga barat laut.
 
Prakiraan cuaca dan tinggi gelombang daerah wisata bahari, untuk pantai Anyer, pantai Carita dan pantai Tanjung lesung berpotensi tinggi gelombang berkisar antara 1,25-2,50 meter (katagori Sedang).
 
Pantai Bagedur dan pantai Sawarna ketinggian gelombang berkisar antara 2,50-4,00 meter (katagori tinggi), dengan cuaca hujan ringan di seluruh pantai.
 
Bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan di laut sebaiknya mempersiapkan diri dan jangan memaksakan jika kondisi cuaca dan gelombang berubah menjadi kurang kondusif.
 
Sementara untuk tinggi gelombang di perairan laut utara seperti di Pelabuhan Karangantu, Bojonegara, diprediksi berkisar antara 0,5-1,25 meter (katagori rendah).

Baca juga: BMKG imbau warga Banten waspada potensi hujan lebat dan angin kencang

Baca juga: BMKG : Penyeberangan Merak - Bakauheni relatif aman

Baca juga: BMKG Serang keluarkan peringatan dini gelombang laut tinggi di Samudera Hindia

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023