Jakarta (ANTARA) - Platform cloud gaming Google Stadia akan segera menutup layanannya pada 18 Januari 2023.

Google, pada laman web resminya, dikutip Senin, membagikan sejumlah cara bagi para pengguna yang ingin menyimpan pembelian game dan melanjutkannya di platform gaming lainnya sebelum layanan ini ditutup.

Berikut adalah beberapa judul game dan cara menyimpannya sebelum Google Stadia ditutup, menurut laporan The Verge.

Cyberpunk 2077
Game memungkinkan pemain membawa data ke PC dengan mengunduhnya secara manual menggunakan Google Takeout. Studio memiliki panduan di situs web resminya yang menjelaskan prosesnya. Pemain tidak akan dapat mengambil kembali penyimpanannya setelah Stadia resmi ditutup.

Baca juga: Google beri akses gratis ke Stadia untuk dua bulan

Destiny 2
Untuk memindahkan karakter Destiny 2 dari Stadia ke platform lain, pemain harus mengaktifkan penyimpanan silang sebelum 18 Januari. Studio game Bungie memiliki detail di situs dukungannya.

Hitman 3
Pengembang IO Interactive mengizinkan pemain melakukan "Stadia Progression Carryover" satu kali untuk membawa kemajuan permainan pemain ke PC (Windows, Steam, atau Epic), Xbox, atau PlayStation.

Pemain harus menautkan Akun IOI ke akun Stadia sebelum server Stadia dimatikan. IO Interactive mengharapkan untuk membuka alat bawaan pada 11 Januari.

The Elder Scrolls Online
Pemain dapat masuk ke akun Elder Scrolls Online di situs web studio game Bethesda dan kemudian mengunduh dan memainkan game tersebut di PC dan Mac untuk melanjutkan petualangan pemain.

Game Ubisoft
Ubisoft membagikan salinan PC gratis dari game Ubisoft yang dimiliki di Stadia. Untuk mendapatkan game gratis, pengguna harus menautkan akun Ubisoft dan Stadia sebelum penonaktifan 18 Januari. Dan untuk game apa pun yang mendukung progres silang, progres terbaru game pemain juga akan terbawa ke PC.

Di sisi lain, Google juga mengembalikan semua pembelian perangkat lunak (software) Stadia dari Stadia Store dan pembelian perangkat keras (hardware) dari Google Store.

Perusahaan mulai memproses pengembalian uang pada bulan November, dan mengharapkan untuk memproses "mayoritas" pengembalian uang pada tanggal 18 Januari. Google meminta pengguna untuk memperhatikan email untuk konfirmasi.

Baca juga: Google Stadia perlahan tutup

Baca juga: Google tutup studio pengembangan internal game Stadia

Baca juga: Google Stadia uji streaming game 4G dan 5G

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023