Sydney (ANTARA) - Saham-saham Asia menguat pada awal perdagangan Senin pagi, karena harapan kenaikan suku bunga AS yang tidak terlalu agresif dan pembukaan perbatasan China memperkuat prospek ekonomi global.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang terangkat 0,6 persen, dengan indeks KOSPI Korea Selatan naik 1,1 persen.

Sementara itu, Nikkei Jepang ditutup untuk liburan tetapi kontrak berjangka diperdagangkan di 26.235 poin, dibandingkan dengan penutupan reguler akhir pekan lalu di 25.973 poin. Indeks S&P 500 berjangka bertambah 0,2 persen dan Nasdaq berjangka 0,3 persen.

Musim laporan laba dimulai minggu ini dengan bank-bank besar AS, ketika Wall Street khawatir tidak ada pertumbuhan tahun-ke-tahun sama sekali dalam laba keseluruhan.

"Tidak termasuk Energi, EPS (earnings per share) S&P 500 diperkirakan turun 5,0 persen, didorong oleh kompresi margin sebesar 134 basis poin," tulis analis di Goldman Sachs. "Memasuki musim pelaporan, sentimen revisi laba relatif negatif terhadap sejarah.

"Kami memperkirakan revisi turun lebih lanjut ke konsensus perkiraan EPS 2023," tambah mereka. "Pembukaan kembali China adalah salah satu risiko terbalik EPS 2023, tetapi tekanan margin, pajak, dan resesi menghadirkan risiko penurunan yang lebih besar."

Beijing sekarang telah membuka perbatasan yang telah ditutup sejak dimulainya pandemi COVID-19, memungkinkan lonjakan lalu lintas di seluruh negara.

Analis Bank of America Winnie Wu memperkirakan ekonomi China, ekonomi terbesar kedua di dunia, akan mendapat manfaat dari siklus kenaikan pada 2023 dan mengantisipasi kenaikan pasar dari ekspansi ganda dan pertumbuhan EPS 10 persen.

Sentimen di Wall Street mendapat dorongan minggu lalu dari perpaduan jinak antara kenaikan gaji AS yang solid dan pertumbuhan upah yang lebih lambat, dikombinasikan dengan penurunan tajam dalam aktivitas sektor jasa. Pasar mengurangi taruhan pada kenaikan suku bunga untuk Federal Reserve.

Fed fund berjangka sekarang menyiratkan sekitar 25 persen peluang kenaikan setengah poin pada Februari, turun dari sekitar 50 persen sebulan lalu.

Itu akan membuat investor sangat sensitif terhadap apa pun yang mungkin dikatakan Ketua Fed Jerome Powell pada konferensi bank sentral di Stockholm pada Selasa (10/1/2023).

Ini juga meningkatkan pentingnya data indeks harga konsumen (IHK) AS pada Kamis (12/1/2023), yang diperkirakan akan menunjukkan inflasi tahunan melambat ke level terendah 15 bulan sebesar 6,5 persen dan tingkat inti turun menjadi 5,7 persen.

"Kami di NatWest memiliki perkiraan IHK yang lebih rendah dari konsensus, dan jika itu benar kemungkinan akan memperkuat perkiraan pasar 25 basis poin vs 50 basis poin," kata analis NatWest Markets, John Briggs.

"Dalam konteks, itu masih harus dilihat sebagai Fed yang masih kemungkinan akan menaikkan beberapa kali lagi dan kemudian mempertahankan suku bunga tinggi sampai penurunan inflasi dijamin - bagi kami itu berarti suku bunga dana 5,0-5,25 persen."

Data beragam pada Jumat (6/1/2023) telah melihat imbal hasil obligasi 10-tahun AS turun tajam 15 basis poin menjadi 3,57 persen, sementara menyeret dolar AS turun secara keseluruhan.

Senin pagi, euro bertahan di 1,0664 dolar, setelah bangkit dari level terendah 1,0482 dolar pada Jumat (6/1/2023). Dolar melemah menjadi 131,63 yen, jauh dari puncak minggu lalu di 134,78, sementara indeksnya turun sedikit di 103.800.

Real Brasil belum diperdagangkan setelah ratusan pendukung mantan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro ditangkap setelah menyerbu Kongres, istana presiden, dan Mahkamah Agung negara itu.

Penurunan dolar dan imbal hasil merupakan keuntungan bagi emas, mengangkatnya ke puncak tujuh bulan di sekitar 1.870 dolar AS per ounce.

Harga minyak naik tipis saat ini setelah meluncur sekitar 8,0 persen minggu lalu di tengah kekhawatiran permintaan. Brent terangkat 26 sen menjadi diperdagangkan di 78,83 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 30 sen menjadi diperdagangkan di 74,07 dolar AS per barel.

Baca juga: Saham Asia naik jelang laporan data pekerjaan AS, yen melemah

Baca juga: Saham Asia dibuka menguat jelang laporan data pekerjaan AS

Baca juga: Pasar saham Asia melonjak, risalah Fed jadi pusat perhatian pasar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023