JAKARTA (ANTARA/JACX) – Partai-partai politik tengah mengonsolidasikan kekuatan mereka jelang Pemilu dan Pilkada 2024, terutama pemilihan presiden dan wakil presiden.

Baru satu partai, yaitu Partai NasDem, telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres mereka. Partai lain seperti Gerindra juga menyatakan pencalonan Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

Namun, sebuah unggahan di YouTube menyebutkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mencalonkan capres mereka untuk Pemilu 2024 yaitu Basuki Tjahaja Purnama dan Ganjar Pranowo.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Zona Panas ("NASDEM vs PDIP") Demi Selamatkan Indonesia, Mega Resmi Deklarasikan ini.!!”

Namun, benarkah PDIP mengumumkan Ahok dan Ganjar dalam Pilpres 2024?

Unggahan hoaks yang menyatakan PDIP resmi mengumumkan Ahok dan Ganjar sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024. Faktanya, dalam video tidak menyebutkan terkait pengumuman resmi Capres dan Cawapres dari PDIP. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video berdurasi 10 menit tersebut merupakan kompilasi dari beberapa video, diantaranya video Refly Harun ‘AHOK SIAP NYAPRES 2024!!’, video wawancara Ganjar terkait deklarasi dukungan capres, dan pada potongan video yang digunakan juga serupa dengan yang terdapat pada laman berita ANTARA.

Namun, dalam video berdurasi 10 menit tersebut tidak disebutkan secara gamblang PDIP meresmikan Basuki Tjahaja Purnama, yang masih sering dikenal dengan nama Ahok, dan Ganjar sebagai calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024. 

Sementara, gambar sampul dalam unggahan video itu juga merupakan hasil suntingan dari dua foto yang berbeda dan bukan merupakan momen pengumuman paslon Ganjar dan Ahok.

Gambar sampul tersebut berasal dari foto Suaracom berjudul ‘Peresmian Kantor PDIP di Surabaya, Megawati Sebut Rumah Rakyat’ dan Tempo berjudul ‘Megawati Raih Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Padang’.

Laporan ANTARA, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyebutkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama calon presiden yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih itu.

Hanya saja, Puan juga tidak menyebut siapa sosok yang telah disiapkan Megawati sebagai Calon Presiden 2024 dari PDIP.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan PDIP telah mengumumkan Ahok dan Ganjar untuk Pilpres 2024 merupakan pernyataan keliru atau hoaks.

Klaim: PDIP mengumumkan Ahok dan Ganjar untuk Pilpres 2024
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Foto Megawati dukung Ganjar sebagai calon presiden 2024

Cek fakta: Hoaks! KPU menganulir keputusan peserta Pemilu 2024

Cek fakta: Hoaks! KPU menganulir keputusan peserta Pemilu 2024

Baca juga: Megawati akan umumkan nama capres pada 2023

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023