Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka menguat pada perdagangan Senin, memperpanjang awal optimis tahun ini ke minggu kedua, karena China membuka kembali perbatasannya semalam serta data AS dan Eropa menenangkan ketegangan tentang pengetatan agresif oleh bank-bank sentral.

Indeks acuan STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,3 persen pada pukul 08.12 GMT.

Indeks mencatat kinerja mingguan terbaiknya dalam sembilan bulan pada Jumat (6/1/2023) setelah kumpulan data positif termasuk aktivitas pabrik zona euro yang kuat dan penurunan inflasi kawasan menunjukkan resesi yang lebih ringan dari perkiraan dan meredanya tekanan harga.

Itu bersama dengan data yang menunjukkan pasar tenaga kerja AS yang ketat, meredakan kekhawatiran bahwa Federal Reserve (Fed) AS dan Bank Sentral Eropa (BoE) akan melanjutkan kebijakan moneter agresif mereka.

Baca juga: Saham Eropa menuju pekan terbaik sejak November, inflasi jadi fokus

Saham sektor teknologi yang peka terhadap suku bunga naik 1,2 persen.

Investor menunggu data pengangguran zona euro November pukul 10.00 GMT untuk petunjuk lebih lanjut tentang kekuatan pasar tenaga kerja.

Para pelancong mengalir ke China melalui udara, darat, dan laut pada Minggu (8/1/2023), ketika Beijing membuka perbatasan yang telah ditutup sejak dimulainya pandemi COVID-19.

Sektor pertambangan menambahkan 1,7 persen karena harga logam dasar naik di tengah harapan pemulihan permintaan dari konsumen top China.

Perusahaan video game yang tercatat di London, Devolver Digital dan Frontier Developments masing-masing anjlok 9,4 persen dan 40,6 persen, setelah pembaruan perdagangan yang mengecewakan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, risalah Fed lemahkan harapan perubahan

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023