Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menginstruksikan jajarannya untuk memetakan potensi kerawanan pemilu di tahun politik saat ini agar segala kemungkinan terburuk dapat dicegah ataupun diredam.

"Saya minta semuanya yang terkait dengan tugas-tugas pengamanan pemilu mulai polda hingga polres proaktif deteksi dini, jika ada riak-riak kecil segera atasi agar tak membesar," kata Kapolda Kalsel usai memimpin upacara serah terima jabatan para pejabat utama Polda Kalsel dan Kapolres jajaran di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapold Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Kapolda Kalsel perintahkan peningkatan keamanan mako hingga polsek

Menurut Kapolda, waktu semakin dekat menuju Pemilu Serentak 2024 yang menuntut kesiapan aparat keamanan mengawal kesuksesannya.

Pola pendekatan ke masyarakat sebagai pemilik hak suara paling ditekankannya agar senantiasa teredukasi mendukung pesta demokrasi damai dan sejuk.

"Aksi polarisasi politik yang dapat memecah persatuan harus diredam karena pemilu harus dihindarkan dari hal-hal yang merusak demokrasi seperti praktik politik uang, politik identitas, SARA, maupun hoaks," papar jenderal bintang dua itu.

Di sisi lain, Andi Rian mengingatkan pula agar koordinasi dan komunikasi dengan penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu tetap terjalin intensif mewujudkan hubungan yang sinergis.

Adapun pejabat utama Polda Kalsel yang berganti antara lain Wakapolda Kalsel dijabat Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan menggantikan Brogjen Pol Mohamad Agung Budijono.

Kemudian Karo Rena yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Tejo Wijanarko menggantikan Kombes Pol Roy Ardhya Candra.

Selanjutnya Direktur Sabhara Kombes Pol Pepen Supena digantikan Kombes Pol Yong Ferrydjon.

Adapun Kepala Satuan Wilayah yang berganti Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso digantikan AKBP M Ifan Hariyat, Kapolres Balangan AKBP Zainal Arifin digantikan AKBP Riza Muttaqin dan posisi Kapolres Tabalong yang ditinggalkan Riza Muttaqin diisi AKBP Anib Bastian.

Baca juga: Polda Kalsel catat 372 kematian korban kecelakaan lalu lintas 2022
Baca juga: Polda Kalsel amankan 66 titik lokasi keramaian saat malam tahun baru
Baca juga: Kapolresta Banjarmasin beri penghargaan bocah gagalkan pencurian

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023