Pengunjung ketika itu harus mengikuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menyebut telah menerima kunjungan sebanyak lebih dari tiga juta orang sepanjang tahun 2022.

"Tahun 2022 ini tercatat sebanyak 3.920.445 pengunjung mendatangi Taman Margasatwa Ragunan," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dihubungi, di Jakarta, Senin.

Bambang mengatakan tingginya kunjungan warga tahun 2022 karena di tahun 2021 pengunjung sangat dibatasi akibat adanya pandemi yakni hanya sebanyak  784.444 orang.

"Pengunjung ketika itu harus mengikuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," sambungnya.

Selain itu, kini, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola Taman Margasatwa Ragunan juga menambah fasilitas seperti jalur lari dan perpustakaan daring.

"Tahun ini juga satwa bertambah yakni lahirnya seekor jerapah dan gajah," tambahnya.

Sebelumnya, pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan menyatakan kesiapan untuk menerima puncak kunjungan sehubungan dengan libur Natal dan tahun baru 2023 termasuk fasilitas parkir hingga posko kesehatan.

"Memasuki libur Natal pengunjung pasti meningkat dan kalau prediksi kami bisa mencapai 70 ribuan. Kami sudah mempersiapkan seluruhnya termasuk parkir," kata Bambang.

Bambang merinci terdapat sepuluh titik parkir yang disediakan yakni  pintu utara, pintu motor utara, pintu barat, kandang burung unta, depan kandang jerapah, area kesehatan hewan, danau timur, kandang harimau, barat kantor pengelola, dan sekitar pusat informasi.

Untuk warga yang ingin mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, jam buka mulai dari 07.00 hingga 16.00 WIB serta menggunakan tiket JakCard dengan harga Rp4 ribu untuk  dewasa dan Rp3 ribu bagi anak-anak.
Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tambah fasilitas perpustakaan daring
Baca juga: Jumlah satwa Taman Margasatwa Ragunan bertambah dua ekor
Baca juga: Sebanyak 76.881 wisatawan kunjungi Ragunan pada libur Natal

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023