Jakarta (ANTARA) - Penyerang Bayern Munich Thomas Mueller membantah rumor tentang rencana pensiunnya dari laga internasional pada Senin dengan mengatakan ia "akan selalu ada" untuk seleksi tim nasional Jerman.

"Selama saya masih seorang pesepak bola profesional, saya akan selalu ada untuk tim nasional ini apabila saya diperlukan," kata Mueller seperti dikutip AFP.

"Kapan, apakah dan bagaimana, tentunya tergantung manajer timnas."

Mueller (33) setelah Jerman tersingkir pada fase grup Piala Dunia di Qatar mengatakan ia akan mengambil waktu untuk mempertimbangkan masa depannya.

Saat pemusatan latihan musim dingin Bayern di Qatar, Mueller mengatakan dia merasa "sangat emosional setelah laga tersebut" dan terbesit di benaknya soal pensiun dan membicarakan hal itu dengan pelatih Jerman Hansi Flick.

Baca juga: Jerman tersingkir dari Piala Dunia "benar-benar bencana", kata Mueller

Mueller, yang telah membela Jerman dalam 121 pertandingan kompetitif dan bagian dari tim Panser yang menjuarai Piala Dunia 2014, mengatakan ia menantikan dapat membantu timnas mereka kembali ke puncak sepak bola internasional.

"Kami harus, dan akan berhasil sukses lagi.

"Ini bukan soal pemain tertentu. Sang pelatih memiliki banyak opsi, banyak pemain muda.

"Saya tenang tapi benar-benar siap apabila pelatih membutuhkan saya."

Mueller selalu tampil sebagai starter dalam tiga pertandingan Jerman di Qatar, tapi gagal menambah koleksi 10 gol di Piala Dunia.

Pemenang sepatu emas 2010 itu belum mencetak gol lagi di kancah Piala Dunia sejak terakhir kali menjebol gawang ketika kemenangan besar Jerman 7-1 atas tuan rumah Brazil pada Piala Dunia 2014.

Baca juga: Muller akan bikin Lewandowski menyesal telah tinggalkan Bayern
Baca juga: Mueller bilang Bayern telah lepaskan beban di dada

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023