Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim nasional (timnas) Wales dan Los Angeles FC Gareth Bale memutuskan gantung sepatu sebagai pesepak bola baik di level klub maupun internasional.

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," kata pemain berusia 33 tahun tersebut melalui akun resmi Twitter-nya pada Senin.

"Saya merasa beruntung telah mewujudkan impian saya untuk memainkan olahraga yang saya cintai."

Bale sendiri adalah jebolan akademi Southampton dan membela tim senior The Saints selama 2006-2007. Dia kemudian pindah ke Tottenham Hotspur sebelum memecahkan rekor transfer dunia saat bergabung ke Real Madrid.

Dia kemudian sempat balik lagi ke Spurs dan terakhir membela Los Angeles FC pada 2022.

Baca juga: Mueller belum akan mundur dari timnas Jerman

Gareth Bale telah meraih banyak gelar juara dalam kariernya, termasuk 5 trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Bersama Timnas Wales, dia bermain 111 kali dan mencetak 41 gol.

"Sepak bola telah memberikan beberapa momen terbaik dalam hidup saya. Momen-momen terbaik dalam 17 musim, itu tidak bisa diulang, apapun fase yang akan saya jalani di masa depan," ujar mantan pemain Real Madrid tersebut.

Bale menginspirasi Wales untuk lolos ke dua Kejuaraan Piala Eropa (Euro) dan Piala Dunia pertama sejak 1958 serta memenangkan lima gelar Liga Champions dalam sembilan tahun di Real Madrid antara 2013 dan 2022.

Baca juga: Pelatih Al-Nassr: Cristiano Ronaldo bisa lakoni debut lawan PSG

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023