membuat film untuk penonton, agar mereka menyukainya
Jakarta (ANTARA) - Sutradara asal India, SS Rajamouli mengatakan bahwa tim produksi tidak memikirkan tentang pujian kritis ketika mulai menggarap film laga "RRR" (2022).

Sutradara itu telah menjadi sorotan musim penghargaan tahun 2023. Film berdurasi tiga jamnya itu mendapatkan ulasan baik dan memicu kampanye agar film tersebut dinominasikan untuk Academy Award di kategori film terbaik.

"Ketika kami awalnya membuat (film), kami tidak memikirkan bakal menerima pujian kritis. Kami membuat film untuk penonton, agar mereka menyukainya, agar mereka merasakan filmnya," kata Rajamouli kepada Reuters yang disiarkan pada Selasa.

Baca juga: Shah Rukh Khan akan rayakan "Kuch Kuch Hota Hai" di Melbourne

Baca juga: Aktor India Vidya Balan menantang seksime dalam birokrasi di film baru


Dia menambahkan bahwa pujian kritis merupakan suatu nilai tambah bagi para pemain dan kru yang terlibat.

Sejumlah kritikus memandang bahwa film "RRR" adalah film yang dibutuhkan dunia saat ini, yang dianggap Rajamouli sebagai pujian terbaik. Siddhant Adlakha dari IndieWire, misalnya, mendeskripsikan "RRR" sebagai "karya fiksi sejarah yang memukau".

"Saya perlu membuat mereka [penonton] keluar dari teater dengan perasaan benar-benar segar dan kembali ke kehidupan mereka," kata Rajamouli.

Film "RRR" didasarkan pada dua tokoh revolusioner, Alluri Sitarama Raju dan Komaram Bheem, yang menjalin persahabatan dan berperang demi kemerdekaan negara mereka.

"RRR" secara fiktif mempertemukan kedua tokoh itu di mana Alluri Sitarama Raju berjuang melawan Inggris untuk kemerdekaan India dan Komaram Bheem berjuang melawan Nizam untuk pembebasan Negara Bagian Hyderabad.

Dibintangi oleh NT Rama Rao Jr. dan Ram Charan, film "RRR" merupakan kependekan dari "Rise Roar Revolt". Selain dua bintang itu, "RRR" juga menampilkan nama-nama besar Bollywood, seperti Ajay Devgn dan Alia Bhatt.

Belum lama ini, film "RRR" mendapat dua nominasi untuk Golden Globe Awards. Film yang dirilis secara teatrikal pada Maret 2022 itu kini sedang tayang di Netflix.

Baca juga: Sekuel film aksi India "RRR" sedang digarap

Baca juga: Film India "Brahmastra Part One: Shiva" hadir di Disney+ Hotstar

Baca juga: Bollywood mati suri? Ini kata pegiat dan penikmat film India

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023