Jakarta (ANTARA) - Inter Milan melaju ke perempat final Coppa Italia 2022/2023 usai menyingkirkan Parma dan Gianluigi Buffon dengan skor 2-1 di Giuseppe Meazza pada Rabu dini hari WIB.
 
Inter sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Stanko Juric di babak pertama. Lautaro Martinez menyelamatkan Inter dari kekalahan lewat golnya dan membawa laga ke extra time.
 
Gol kemenangan Inter Milan di laga ini berhasil dicetak oleh Francesco Acerbi. Inter Milan akan menghadapi pemenang dari laga antara Atalanta dan Spezia.
 
Parma mendapat peluang pada menit-menit awal menyusul kesalahan Danilo D'Ambrosio. Namun, sepakan Franco Vazquez terlalu mudah untuk diamankan Andre Onana.

Baca juga: Inter Milan ditahan imbang 2-2 oleh Monza
 
Inter nyaris unggul pada menit ke-22. Robin Gosens yang menerima umpan lambung kemudian mengoper kepada Roberto Gagliardini. Tendangannya masih sedikit melebar dari gawang yang dikawal Buffon.
 
Parma membuka keunggulan pada menit ke-38. Stanko Juric mencetak gol fantastis lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihentikan Onana. Inter tertinggal 0-1.
 
Parma hampir menggandakan keunggulan satu menit jelang turun minum. Namun, tendangan voli Adrian Benedyczak masih bisa ditepis Onana.
 
Tidak ada gol lain yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Parma.
 
Memasuki babak kedua, Inter terus memberikan tekanan kepada Parma demi mencetak gol penyeimbang. Namun, gawang Buffon masih belum kebobolan.
 
Upaya Inter akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-88. Lautaro Martinez membawa Inter menyamakan kedudukan setelah melepaskan tembakan ke pojok atas gawang Buffon, yang tidak berkutik untuk menghentikan bola masuk. Skor menjadi 1-1.

Baca juga: Gol tunggal Edin Dzeko bantu Inter Milan kalahkan Napoli 1-0
 
Buffon melakukan penyelamatan penting dua menit kemudian. Kiper berusia 44 tahun itu berhasil menepis tendangan Edin Dzeko.
 
Skor 1-1 bertahan sampai waktu normal habis. Pertandingan pun harus lanjut ke extra time.
 
Francesco Acerbi menjadi pahlawan kemenangan Inter setelah mencetak gol pada menit ke-110. Buffon menepis umpan Dimarco dan bola mengarah ke Acerbi, yang kemudian menyundul bola ke gawang.
 
Buffon yang terlalu maju, hanya bisa melihat bola masuk ke gawangnya untuk kedua kali. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 Inter Milan atas Parma.
 
Susunan Pemain:
 
Inter Milan (3-5-2) Andre Onana; Alessandro Bastoni (DImarco 66'), Stefan de Vrij, Danilo D'Ambrosio (Acerbi 81'); Robin Gosens (Darmian 81'), Henrikh Mkhitaryan (Dzeko 67'), Kristjan Asllani, Roberto Gagliardini, Denzel Dumfries (Bellanova 67'); Joaquin Correa (Skriniar 113'), Lautaro Martinez
 
Parma (4-2-3-1): Gianluigi Buffon; Lautaro Valenti, Yordan Osorio, Botond Balogh, Enrico Del Prato; Nahuel Estevez (Camara 74'), Adrian Bernabe (Hainaut 81'), Simon Sohm (Mihaila 81'); Adrian Benedyczak (Inglese 74'), Franco Vazquez, Dennis Man (Juric 26')

Baca juga: Inter Milan tawarkan kontrak baru untuk Stefan de Vrij

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023