Jakarta (ANTARA) - Ajang penghargaan Golden Globe kembali tahun ini pada Selasa (10/1) malam waktu setempat, dengan penghargaan tertinggi diraih "The Fabelmans" dan "The Banshees of Inisherin" dari sisi film hingga "House of the Dragon", "Abbott Elementary", dan "The White Lotus" dari sisi televisi.

Golden Globe kini kembali disiarkan di jaringan televisi NBC dan Peacock, satu tahun setelah acara itu tidak ditayangkan di televisi menyusul boikot Hollywood.

Baca juga: Para pemenang Golden Globe 2022

Sejak 2021, Golden Globe dan organisasi Hollywood Foreign Press Associated (HFPA) menjadi kontroversi setelah laporan Los Angeles Times mengungkapkan tidak adanya keterwakilan anggota kulit hitam dan masalah praktik HFPA lainnya.

Banyak selebritas ikut mengancam akan memboikot organisasi tersebut jika tidak melakukan perubahan. Kini HFPA mengatakan pihaknya telah melakukan reformasi termasuk keanggotaannya hingga menerapkan aturan etika baru.

Setelah tahun lalu hampir tanpa kemeriahan, Golden Globe 2023 kembali dengan kehadiran banyak selebritas dan para penerima nominasi. Upacara karpet merah diadakan di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Acara itu dipandu oleh komedian Jerrod Carmichael.

Berikut daftar lengkap pemenang Golden Globe Award 2023, mengutip laporan Variety yang disiarkan Selasa (10/1) waktu setempat.

Baca juga: Golden Globe Awards kembali setelah kontroversi mencuat tahun lalu

Baca juga: Sutradara "Decision to Leave" akan hadiri Golden Globe 2023

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023