Kami punya lima dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang bisa meramaikan mall yakni fesyen, kuliner, musik, seni pertunjukan, dan seni rupa
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan menggandeng komunitas di bawah naungannya untuk ikut meramaikan sejumlah mal di wilayahnya yang sepi pengunjung. 

"Kami punya lima dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang bisa meramaikan mall yakni fesyen, kuliner, musik, seni pertunjukan, dan seni rupa," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Rus menjelaskan dengan menggandeng sejumlah komunitas diharapkan pusat perbelanjaan yang selama ini sepi pengunjung bisa menyediakan fasilitas secara gratis.

Terlebih, Suku Dinas Parekraf Jaksel juga mampu mempromosikan desa wisata yang ada di Jakarta Selatan dengan menjual paket berkonsep budaya atau hiburan.

"Desa wisata yang kami rekomendasikan yakni Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Kedung Gede di Lenteng Agung, dan Kampung Silat Pesanggrahan," tambahnya.

Harapan Rus, dengan mengenalkan desa wisata yang ada di Jakarta Selatan mampu mempercepat pemulihan ekonomi warga setelah pandemi.

"Beberapa paket ini bisa terbagi setengah hingga dua hari dengan para wisatawan mencoba kuliner, budaya, edukasi hingga permainan adat Betawi," sambungnya.

Ditambahkan pula, nantinya paket wisata ini juga membagikan hadiah semenarik mungkin bagi pengunjung mal atau pusat perbelanjaan.

Hubungan masyarakat dan manajemen reputasi perusahaan Lippo Malls Indonesia, Nidia N. Ichsan mengatakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Plaza Semanggi akan melakukan renovasi untuk menarik kembali minat pengunjung.

"Memang saat ini kondisinya sepi karena akan segera direnovasi dan kebutuhan setiap orang mengunjungi mall sudah berbeda," ucap Nidia.

Kendati demikian, pihaknya menegaskan terus memberikan fasilitas gratis kepada komunitas yang ingin menggelar acara di seluruh pusat perbelanjaan Lippo Malls Indonesia.

"Terakhir kami melaksanakan Ecoprint Fashion Week 2022 yang diresmikan oleh Istri mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional DKI Jakarta (Dekranasda) Ellisa Sumarlin," tutupnya.
Baca juga: Parekraf Jaksel meriahkan tahun baru dengan acara seni dan bazar UMKM
Baca juga: Parekraf Jaksel fasilitasi pelaku seni melalui acara "Di Selatan"
Baca juga: Parekraf Jaksel fasilitasi musisi disabilitas hibur wisatawan Cirebon

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023