Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyerahkan 20 unit rumah dinas kepada Kodim 1414/Tator, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit.

Penyerahan rumah dinas tipe 36 itu dilakukan melalui konferensi saat Dudung melakukan kunjungan ke Wali Kota Makassar Mohammad Ramadhan Pomanto di Kota Makassar, Rabu.

"Mudah-mudahan perumahan ini bermanfaat bagi anggota di sana. Jangan lupa penekanan saya, bahwa prajurit TNI AD (Kodim 1414/Tator) harus dicintai masyarakat dan akan lebih hebat lagi apabila anggota Kodim Tator mencintai masyarakat," kata Dudung dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dudung juga berpesan agar prajurit TNI AD meningkatkan sinergisme dengan pemerintah daerah, Polri, dan komponen bangsa lainnya dalam menjaga kondisi di wilayah.

Selain menyerahkan puluhan rumah dinas tersebut, dalam kunjungannya Dudung juga menyerahkan bantuan sosial kepada penerima manfaat seperti tukang becak, anak-anak jalanan, anak terdampak stunting, dan para korban banjir yang melanda Kota Makassar pada November dan Desember 2022, serta meninjau UMKM.

Baca juga: Kasad perintahkan jajarannya "turun gunung" bantu masyarakat

Selain bersilaturahmi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat di Makassar, Dudung juga untuk mengecek langsung implementasi perintah harian yang dilakukan satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

"Saya cek langsung ke bapak wali kota, keterlibatan TNI AD dalam membantu pemerintah dengan program-program unggulan seperti penanganan stunting, manunggal air bersih, Babinsa masuk dapur, dan food estate sudah maksimal," kata mantan pangkostrad itu.

Dudung, yang pernah berdinas di Kota Makassar, merasa yakin dengan sinergi kokoh antara TNI dengan seluruh komponen bangsa; ditambah dengan sikap masyarakat ramah dan petarung warga Makassar bahwa program-program pemerintah dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat dilaksanakan dengan baik di Makassar.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramadhan Pomanto berterima kasih kepada TNI AD yang selama ini telah bahu-membahu bersama Pemerintah Kota Makassar dan komponen bangsa lain dalam mengatasi berbagai kesulitan, seperti penanganan pandemi COVID-19 dan bencana alam serta pengendalian laju inflasi.

"Terima kasih, Bapak Jenderal atas kehadirannya di Kota Makassar. Kami beserta masyarakat siap bersama TNI Angkatan Darat melaksanakan program-program untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Makassar," kata Ramadhan Pomanto.

Baca juga: KASAD komitmen bantu capai target 14 persen prevalensi stunting

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023