Jakarta (ANTARA) - Samsung telah mengumumkan ajang pengungkapan produk-produk teranyarnya yang bernama Galaxy Unpacked untuk 1 Februari mendatang.

Tidak hanya Galaxy S23 series nampaknya yang diperkenalkan dalam ajang tersebut, namun juga jajaran lainnya termasuk dari lini laptop seperti Galaxy Book 3 Ultra.

Melansir Sammobile, Kamis, besar harapan Galaxy Book baru muncul menggantikan generasi sebelumnya yakni Galaxy Book 2.

Beberapa varian laptop yang mungkin muncul di antaranya Galaxy Book 3 Pro, Galaxy Pro 360, serta satu laptop kelas premium lainnya bernama Galaxy Book 3 Ultra.

Beberapa bocoran spesifikasi khususnya mengenai Galaxy Book 3 Ultra sudah mulai bertebaran, di antaranya terkait dari bobot yang ringan.

Laptop itu diperkirakan mungkin lebih ringan dari Dell XPS 15 bahkan MacBook Pro besutan Apple.

Seharusnya Galaxy Book 3 Ultra akan memiliki bobot tidak lebih dari kisaran 1-2 kilogram mengingat pesaingnya saat ini Dell XPS 15 berbobot 1,92 kilogram dan MacBook Pro dengan kisaran 1,6 kilogram untuk versi 14 inci serta 2,1 kilogram untuk versi 16 inci.

Jika nilai jual bobot ringan menjadi prioritas Samsung, maka hal itu akan menjadi tantangan mengingat saat ini para produsen laptop berlomba-lomba menghadirkan laptop sejenis.

Untuk segi prosesor, laptop ini akan menggunakan Intel Core Generasi ke-13.

Memasuki segi keyboard, dengan embel-embel ultra nantinya tidak hanya susunan alfabet, namun juga pengguna akan mendapatkan num lock sehingga mempermudah pengguna yang harus berurusan dengan angka.

Meski belum ada penjualan prapesan (preorder) untuk Galaxy Book 3 series namun produk ini berpotensi besar untuk hadir di Galaxy Unpacked 2023.

Baca juga: Samsung Electronics akan pamerkan Galaxy Book baru di MWC

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023