Kami memperkirakan hasil IHK di bawah konsensus, yang jika terwujud, dapat mendorong reli ini lebih jauh lagi.
Singapura (ANTARA) - Pasar saham Asia sebagian besar terdorong lebih tinggi pada awal perdagangan Kamis, menjelang data harga konsumen AS yang diharapkan investor akan mengonfirmasi penurunan inflasi, sementara yen naik di tengah laporan Jepang minggu depan akan meninjau efek samping dari kebijakan ultra-longgarnya.

Menyusul kenaikan indeks Wall Street semalam, indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang terangkat 0,5 persen dan menyentuh level tertinggi hampir tujuh bulan.

Indeks Nikkei Jepang terhuyung-huyung 0,2 persen lebih rendah. Obligasi dibeli di seluruh dunia semalam dan dolar AS goyah, menyentuh level terendah tujuh bulan di 1,0776 dolar per euro.

Baca juga: Saham Asia sentuh level tertinggi 6-bulan, pasar fokus pantau IHK AS

Pada 13.30 GMT, para ekonom memperkirakan kenaikan harga konsumen inti AS melambat ke laju tahunan sebesar 5,7 persen pada Desember, dari 6,0 persen sebulan sebelumnya. Inflasi utama bulan ke bulan diperkirakan nol.

Harapannya adalah bahwa penurunan inflasi mengurangi kebutuhan untuk kenaikan suku bunga, dan pasar telah memperkirakan yang lebih baik daripada kemungkinan bahwa Federal Reserve memperlambat kecepatan dan kenaikannya sebesar 25 basis poin, bukan 50, pada pertemuan bulan depan.

"(Itu) adalah angka IHK (Indeks Harga Konsumen) yang dapat membantu menyelesaikan perdebatan untuk pertemuan Februari," kata ahli strategi suku bunga AS NatWest Markets, Jan Nevruzi.

"Kami memperkirakan hasil IHK di bawah konsensus, yang jika terwujud, dapat mendorong reli ini lebih jauh lagi."

Pemimpin bank Federal Reserve Boston, Susan Collins juga membantu, mengatakan kepada New York Times bahwa dia condong ke arah kenaikan 25 basis poin.

Optimisme untuk prospek suku bunga yang lebih jinak dan peningkatan permintaan karena China muncul dari pembatasan COVID yang ketat juga mendorong harga minyak naik tajam ke puncak satu minggu.

Baca juga: Wall St berakhir naik tajam didukung optimisme jelang laporan inflasi

Minyak mentah berjangka Brent naik lebih dari 3,0 persen menjadi 83 dolar AS per barel semalam. Obligasi pemerintah AS menguat di ujung kurva yang lebih panjang, dengan imbal hasil obligasi 10 tahun turun 6 basi poin menjadi 3,5558 persen dan imbal hasil 30 tahun turun 7 basis poin menjadi 3,6874 persen.

Ekspektasi suku bunga Eropa juga sedikit mundur.

Melawan harapan bank sentral yang lebih lembut di Barat, investor juga berharap pemulihan di China dapat membantu pertumbuhan global dan mengincar potensi perubahan kebijakan di Jepang.

Bank sentral Jepang (BoJ) mengejutkan pasar bulan lalu dengan memperlebar kisaran target imbal hasil obligasi 10 tahun, sebuah langkah yang memicu kenaikan imbal hasil secara tiba-tiba dan lonjakan yen.

Pada Kamis surat kabar Yomiuri Jepang melaporkan BoJ akan meninjau efek samping dari pengaturan ultra-longgar Jepang pada pertemuan kebijakan minggu depan, dan mungkin diperlukan langkah tambahan untuk memperbaiki distorsi pada kurva imbal hasil.

Fast Retailing induk perusahaan Uniqlo pada Rabu (11/1/2023) juga memberikan ekspektasi inflasi kejutan di Jepang dengan mengumumkan rencana kenaikan upah sebanyak 40 persen.

Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda dijadwalkan akan memberikan sambutan di kemudian hari. Yen naik sekitar 0,5 persen dalam perdagangan mata uang yang sepi menjadi 131,84 per dolar. Obligasi berjangka pemerintah Jepang jatuh ke posisi terendah hampir delapan tahun.

Pasar valuta asing di tempat lain menahan napas jelang data IHK sementara pembukaan kembali China mempertahankan penawaran beli di bawah mata uang Asia. Yuan mencapai level tertinggi lima bulan di 6,7532 dalam perdagangan luar negeri. Aussie bertahan di atas 0,69 dolar AS.

Baca juga: IHSG Kamis dibuka menguat 8,36 poin

China pada Kamis melaporkan harga konsumen jatuh pada Desember dan penurunan harga gerbang pabrik yang lebih besar dari perkiraan - menggarisbawahi lemahnya permintaan yang diyakini investor akan pulih selama beberapa bulan mendatang.

"Tidaklah cukup bagi China untuk keluar dari COVID untuk benar-benar mengubah seluruh ekonomi dunia," kata Steven Wieting, kepala strategi investasi dan kepala ekonom di Citi Global Wealth Investments. "Tapi itu benar-benar beratnya ke arah yang berlawanan."
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023