Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Korea Selatan menyambut peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik pada tahun ini dengan merencanakan pelaksanaan serangkaian acara.

Menginjak usia emas, Pemerintah Korea Selatan melalui kedutaan besarnya di Jakarta akan menyuguhkan beragam acara mulai dari
kegiatan pertukaran, kebudayaan, hingga loka karya akademik sepanjang 2023 baik di Indonesia maupun di Korea, kata Kedutaan Besar Korsel di Jakarta, Kamis.

Melalui pelaksanaan serangkaian acara tersebut diharapkan Kemitraan Strategis Khusus kedua negara dapat menjadi lebih berbobot, kata Kedubes Korsel dalam pernyataannya.

Tahun ini yang menjadi tahun peringatan 50 tahun hubungan kedua negara telah dimulai dengan pemberlakuan Perjanjian Kemitraan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (IK-CEPA) per 1 Januari.

Beberapa acara yang akan dilaksanakan dan diharapkan dapat menarik banyak perhatian adalah acara Resepsi Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik pada September 2023, seminar internasional, dan konser K-pop pada semester pertama tahun ini.

Sesuai lingkup kerja sama kedua negara, sebanyak 40 lebih acara untuk peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Korsel akan meliputi berbagai bidang secara menyeluruh, antara lain politik dan diplomasi, industri pertahanan, ekonomi, budaya dan kesenian serta olah raga.

Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta bersama dengan Kementerian Luar Negeri RI pun telah menetapkan logo dan slogan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik dan saat ini sedang menjalankan proses penentuan insan duta promosi.

Lomba desain logo dan slogan sebelumnya telah diselenggarakan oleh Kedubes Korsel dan KBRI Seoul pada November 2022.

Sebanyak 266 peserta telah menghadirkan hasil karyanya dan telah dipilih tiga pemenang lomba --dua pendesain logo dan satu pendesain slogan-- untuk diberikan penghargaan.

Pendesain yang meraih juara terbaik bagian logo, menggambarkan angka
50 dengan memadukan lambang "taegeuk" yang identik dengan Korea Selatan dan burung "garuda" yang merupakan lambang negara Indonesia.

Perpaduan taeguk dan garuda menjadi ikon baru untuk mendeskripsikan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Korea dan Indonesia.

Sementara itu, slogan yang terpilih berbunyi "Closer Friendship, Stronger
Partnership".

Slogan tersebut menitikberatkan persahabatan dan kemitraan antara Korea Selatan dan Indonesia selama setengah abad, dan sekaligus menunjukkan visi kedua negara selama setengah abad ke depan untuk terus memajukan hubungannya atas kerja sama yang semakin erat, kata Kedubes Korsel.

Dalam pernyataannya, Kedubes Korsel juga menyampaikan bahwa Pemerintah Korea berharap peringatan 50 tahun hubungan diplomatik itu menjadi titik tolak baru untuk meningkatkan hubungan Korea Selatan dan Indonesia dan memperkokoh hubungan persahabatan yang sejati dan sehati.

Pemerintah Korea pun menyatakan akan mendukung penuh penyelenggaraan seluruh program dan acara dalam memperingati
hubungan emas Korea Selatan dan Indonesia pada 2023.

Baca juga: Moeldoko lepas keberangkatan 302 pekerja migran Indonesia ke Korsel
Baca juga: Kemenperin: RI-Korsel teken kerja sama pengembangan SDM Indonesia

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2023