Jakarta (ANTARA) -
Memperingati Hari Sejuta Pohon, Danone-AQUA menanam 1.000 pohon kopi jenis Arabica Sigararuntang di Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang.
 
"Penanaman 1000 pohon kopi di Cupunagara ini merupakan suatu bentuk kolaborasi dengan masyarakat setempat. Dengan demikian kita dapat terus tumbuh dan berkembang bersama," kata Kepala Pabrik AQUA Subang Dwi Nofriyadi dalam keterangannya pada Kamis.
 
Kopi merupakan salah satu produk unggulan dari desa Cupunagara yang berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Danone-AQUA kini ikut mendukung desa Cipunagara dengan mengembangkan kopi berbasis konservasi.

Baca juga: Kolaborasi lintas sektor kelola sampah plastik dalam GRADASI
 
Kepala Desa Cupunagara Wahidin Hidayat menerima inisiatif baik Danone-AQUA menanam 1000 pohon kopi di Cupunagara sambil mengelola konservasi di sekitarnya.
 
"Selanjutanya para petani di Cipunagara akan merawat pohon-pohon yang ditanam ini. Diharapkan dua tahun mendatang masyarakat dapat.menikmati hasilnya," kata Wahidin.
 
Menurut dia, penanaman pohon kopi berbasis konservasi ini penting untuk Cupunagara yang terletak di dataran tinggi.
 
"Kita perlu mengupayakan agar konservasi di Cupunagara dapat berjalan baik, sehingga air dapat meresap kembali ke dalam tanah dan tidak luber ke dataran rendah yang dapat menyebabkan banjir. Kita perlu bersama-sama menjaga lingkungan demi kebaikan bersama."
 
Cupunagara bukan hanya menyajikan alam indah nan sejuk. Ternyata kopi Cupunagara diminati banyak penggemar kopi. Banyak permintaan kopi Cupunagara datang dari berbagai daerah.
 
Menurut Sustainable Integration & Economic Development Senior Manager Danone Indonesia Arif Wahyudin, program penanaman kopi di Cupunagara ini dirancang sebagai upaya pemberdayaan petani sekaligus mendukung upaya konservasi, sejalan dengan cara kerja Danone untuk senantiasa menjaga lingkungan dimanapun Danone beroperasi.
 
"Program tidak hanya berhenti sampai pada pananaman pohon, namun juga dilanjutkan dengan pendampingan pasca panen sehingga mendapatkan biji kopi berkualitas sampai aspek pemasaran produk kopi melalui brand Kopi Tirto."
 
Kolaborasi Danone-AQUA bersama para pihak terkait untuk mengembangkan kopi berbasis konservasi di Cupunagara diharapkan mampu membawa dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi. Masyarakat sejahtera dan bumi pun terawat baik.

Baca juga: Perusahaan multinasional dukung target Indonesia emisi nol 2050

Baca juga: Danone dorong "collaborative journalism" sebagai penguat media lokal
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023