Tentu ini semakin membuka peluang Unja untuk berkiprah ke internasional dengan terjalinnya komitmen antara Kedubes RI untuk Republik Uni Myanmar
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi ( Unja ) menggandengkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Yangon, Myanmar dalam meningkatkan kerja sama Unja dengan institusi di negara itu terkait pengembangan SDM dan penelitian.

"Penandatangan MoU dalam rangka pertukaran mahasiswa, informasi akademik dan publikasi, kegiatan penelitian bersama, penyelenggara bersama kegiatan internasional, serta bidang kemitraan lainnya yang disepakati oleh kedua lembaga," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Universitas Jambi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Ashyar, Jumat (13/1) di Jambi.

Ia mengucapkan terima kasih atas inisiatif kerja sama ini dan kesediaan Dubes RI di Myanmar untuk membantu Unja di dunia internasional, di mana banyak program dan kegiatan yang bisa dikolaborasikan dengan institusi Myanmar.

"Seperti join riset dan publikasi, join mengajar, pertukaran mahasiswa, magang mengajar bagi mahasiswa kependidikan di sekolah internasional di Myanmar dan lain sebagainya.
Tentu ini semakin membuka peluang Unja untuk berkiprah ke internasional dengan terjalinnya komitmen antara Kedubes RI untuk Republik Uni Myanmar," katanya.

Selain itu kerja sama ini, kata Rayandra Ashyar, juga membahas tentang kemungkinan pertukaran mahasiswa "inbound" dan "outbound" serta pengembangan kapasitas mahasiswa.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Uni Myanmar Prof Iza Fadri menyambut baik kolaborasi dengan Unja dan siap membantu menfasilitasi kerja sama Unja dengan berbagai institusi di Myanmar, KBRI Yangon juga telah bekerja sama dengan berbagai PTN dan PTS yang ada di Indonesia.

Unja telah berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama internasional, saat ini Unja telah memiliki student Internasional Council yang diketuai oleh mahasiswa internasional Unja asal Myanmar.

Selain dengan KBRI Myanmar, Unja juga telah melakukan kerja sama dengan Kantor Misi Jepang untuk ASEAN terkait meningkatkan promosi hubungan ASEAN-Jepang melalui Asosiasi mahasiswa.

Baca juga: Rektor Unja beri target wakil rektor menuju akreditasi internasional

Baca juga: Universitas Jambi- Saudi Electronic University jalin kerja sama

Baca juga: Universitas Jambi selenggarakan seminar internasional bahas karhutla

Baca juga: Konjen Jepang-Unja jalin kerja sama penelitian dan pendidikan

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023