Bengaluru (ANTARA) - Indeks FTSE 100 Inggris naik ke level tertinggi lebih dari empat tahun pada awal perdagangan Jumat, dipimpin oleh kejutan pertumbuhan ekonomi domestik pada November dan dorongan terhadap selera risiko dari perlambatan inflasi AS.

Saham-saham unggulan FTSE 100 menguat 0,6 persen, dengan indeks berada di jalur untuk membukukan kenaikan mingguan kedua berturut-turut.

Saham sektor keuangan memimpin kenaikan pada Jumat, dengan HSBC dan operator bursa London Stock Exchange Group masing-masing terangkat 1,2 persen dan 1,8 persen.

Baca juga: Saham Inggris berakhir menguat, indeks FTSE 100 terkerek 0,89 persen

Perekonomian Inggris secara tak terduga mengalami pertumbuhan moderat pada November, didorong oleh pengeluaran yang lebih tinggi di pub dan bar untuk bersorak-sorai Piala Dunia dan penjualan video game yang mengurangi kemungkinan tergelincir ke dalam resesi.

Sementara itu selera risiko mendapat dorongan pada Kamis (12/1/2023) ketika data menunjukkan harga konsumen AS turun untuk pertama kalinya dalam dua setengah tahun pada Desember, memperkuat harapan Federal Reserve bergerak ke kenaikan suku bunga yang lebih kecil dalam pertemuan Februari.

Indeks saham midcap FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri terdongkrak 0,2 persen, sementara C&C Group merosot 8,6 persen setelah memberikan prospek laba setahun penuh yang suram.

Baca juga: FTSE 100 Inggris dibuka menguat ditopang saham terkait komoditas

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023