Cara berpikir maritim akan berbeda dengan cara berpikir kontinental
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menegaskan di 2045, bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan, Indonesia akan semakin meneguhkan posisi sebagai negara maritim.

"Cara berpikir maritim akan berbeda dengan cara berpikir kontinental. Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, cara berpikir maritim harus kita kedepankan, harus di-streamline bagaimana maritim menjadi visi di dalam 2045,” ujar Suharso dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Luhut: AIS Forum upaya Indonesia wujudkan visi poros maritim dunia

Menurut dia, cara berpikir tersebut harus didukung dengan komitmen untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan nasional, terutama dalam penyusunan RPJPN 2025-2045.

Salah satu strategi yang diusung adalah analisis data yang lebih tajam serta optimalisasi evidence-based policy agar kebijakan publik berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, Suharso menyebutkan pernyataan masalah harus dilihat dengan lebih jelas, lebih dalam menyajikan data dan analisis datanya, hingga opsi kebijakan untuk mengatasinya.

Selain disusun dengan penajaman cara berpikir dan peningkatan kualitas perencanaan, RPJPN 2025-2045 juga akan mengamanatkan target dan capaian yang bertujuan akhir mendorong pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kita harus konvergen di dalam pencapaian pembangunan, baik dalam skala nasional, maupun dalam skala lokal. Kita harus dorong agregat pertumbuhan ekonomi di semua peluang yang ada,” ungkapnya.

Penyusunan RPJPN 2025-2045 akan memastikan pelibatan publik melalui sejumlah forum konsultasi publik dalam menghimpun masukan masyarakat untuk pembangunan Indonesia di masa depan.

Baca juga: Wantanas : Indonesia harus jadi poros maritim dunia
Baca juga: Pengamat: Panglima TNI Yudo mampu mewujudkan negara poros maritim

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023