Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA) - Jakarta STIN BIN berhasil melibas tuan rumah Jakarta Pertamina Pertamax 3-1 (26-28, 25-22, 25-20, 25-23) dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2023 Putaran Pertama Pekan Kedua di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Jakarta Pertamina Pertamax sempat memimpin setelah merebut set pertama, tapi Jakarta STIN BIN yang diarsiteki pelatih Alessandro Ferreira Fadul mampu bangkit di set kedua, ketiga, dan keempat.

Hingga akhirnya, Farhan Halim dan kawan-kawan berhasil mengantarkan kemenangan bagi Jakarta STIN BIN dengan skor .

Pelatih kepala Jakarta Pertamina Putut Marhaento menilai timnya sebetulnya sudah bisa menguasai situasi di set pertama lewat permainan servis demi mengincar receive  Jakarta STIN BIN yang dinilai kurang bagus dalam mengantisipasi servis float.

Sayangnya, para pemain kemudian melakukan banyak kesalahan dalam keadaan tertekan di set kedua dan ketiga, lantas mengalami masalah ketika harus mengganti setter karena cedera pada set keempat.

"Ketika memimpin empat poin terpaksa setter-nya kita ganti karena mengalami cedera," kata Putut.

Baca juga: Tuan rumah Proliga 2023 Seri Purwokerto tetap antisipasi COVID-19

Sementara itu, pelatih kepala Jakarta STIN BIN Alessandro Ferreira Fadul mengatakan sejak berada di Indonesia, ia mencoba untuk mengimplementasikan sistem yang lebih praktis.

"Karena di Brasil kita main dengan pola yang strategis dan stabil," jelasnya.

Ia mengatakan servis, blocking, dan reseve memberikan kontribusi dalam menyerang lawan.

Menurut dia, taktik permainan anak-anak Jakarta STIN BIN dilakukan dengan sangat strategis karena mereka tahu mana yang harus servis, di mana harus receive, dan pihaknya melatih semua itu untuk menuju kemenangan.

"Di set pertama, kita itu punya keberanian yang sangat stabil dan serve kita sangat kuat dan berkontribusi sangat tinggi. Suatu saat kita melakukan satu kesalahan, karena itu tim lawan bisa menguasai permainan, mendapatkan poin, sampai mereka menang di set pertama," katanya.

Fadul mengatakan dalam pertandingan Sabtu (14/1) malam, semua pemain Jakarta STIN BIN memberikan kontribusi yang bagus dan tinggi.

Oleh karena itu, kata dia, para pemain bisa mengontrol mental dan psikologisnya hingga akhirnya bisa menang.

"Saya sangat senang karena mereka bisa mengerti cara saya bermain dan mendapat implementasi bolanya di lapangan. Karena kontribusi tim dan pemainnya, saya sangat senang, bukan karena kemenangannya tetapi karena kontribusi pemainnya," tegas Fadul.

Baca juga: Jakarta Pertamina Fastron menang 3-1 atas Jakarta Elektrik PLN
Baca juga: Surabaya BIN Samator tundukkan Jakarta Bhayangkara Presisi 3-1

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023