Penerimaan negara memiliki dua fungsi penting, yakni untuk dipakai sebagai belanja negara kepada masyarakat serta mendorong kegiatan ekonomi melalui pemberian insentif
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan pada 2023 menjadi kesempatan mencari sumber penerimaan baru negara lantaran di tahun ini, Indonesia akan masuk dan melanjutkan pemulihan.

"Setidaknya ada empat sumber penerimaan baru antara lain hilirisasi industri, penggunaan produk dalam negeri yang memiliki kandungan lokal yang tinggi, UMKM, dan ekonomi hijau," ucap Suahasil dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan penerimaan negara memiliki dua fungsi penting, yakni untuk dipakai sebagai belanja negara kepada masyarakat serta mendorong kegiatan ekonomi melalui pemberian insentif penerimaan.

Dua fungsi penerimaan tersebut, baik dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) maupun DJBC, akan berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengurangan pengangguran, pengurangan kesenjangan, dan lainnya.

Suahasil pun berterima kasih kepada seluruh jajaran DJBC atas kinerja yang telah dilakukan pada 2022.

Realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai sementara pada 2022 mencapai Rp317,8 triliun atau merupakan 122,2 persen dari target Rp299 triliun dan tumbuh 18 persen dari periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) yang senilai Rp269,2 triliun.

Tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan, namun demikian tahun tersebut bisa dilewati dengan baik serta tanda-tanda pemulihan ekonomi mulai terlihat dan terus berlanjut.

Wamenkeu pun meminta seluruh jajaran DJBC bisa terus memantau perkembangan ekonomi itu melalui pelaksanaan tugas-tugas yang berkaitan dengan kepabeanan dan cukai.

Selain itu, dirinya juga menyinggung mengenai devisa hasil ekspor (DHE), tren penurunan harga hasil SDA seperti batu bara, CPO, dan minyak yang akan berdampak kepada penerimaan, serta isu lain yang berkaitan dengan tugas DJBC dalam rapat tersebut.

"Ini beberapa pemikiran yang saya rasa bagus untuk dipikirkan. Tentu, di dalam konteks rapat ini kita bukan hanya bicara tentang substansi ekonominya, tetapi berbagai macam manajemen, integritas mengenai fasilitas, kelengkapan untuk staf, dan jajaran," ujarnya.

Baca juga: Penerimaan negara Rp4,94 triliun dihimpun Bea Cukai Batam selama 2022
Baca juga: Indef nilai penerapan pajak natura akan dongkrak penerimaan pajak
Baca juga: DJP andalkan penerimaan dari pengawasan pembayaran masa di 2023

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023