Kegiatan pembersihan sangat perlu untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan manca negara yang akan mengikuti dan menyaksikan ajang ini
Pangururan, Sumut (ANTARA) - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bersama Polres Samosir, Sumatera Utara dan pelajar melaksanakan kurve (bersih-bersih secara bersama) guna mendukung digelarnya F1 Powerboat Lake Toba 2023.

Gotong royong pembersihan itu, Senin, diawali dengan apel di Mapolres Samosir. Kurve dilaksanakan pada tiga lokasi yaitu, Parbaba, kawasan objek wisata pasir putih, Kota Pangururan dan Aek Rangat.

Setelah apel, masing-masing peserta melanjutkan kurve di lokasi yang sudah dibagi dalam tiga pleton.

Pemkab Samosir menyatakan sangat mendukung pelaksanaan kurve, di mana selain mengerahkan staf, juga mengerahkan becak motor (bentor) dan truk pengangkut sampah.

Penjabat (Pj) Sekda Samosir, Waston Simbolon menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut dan akan tetap mengerahkan staf untuk melakukan kurve demi menyukseskan F1 Powerboat Lake Toba.

"Kegiatan pembersihan sangat perlu untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan manca negara yang akan mengikuti dan menyaksikan ajang ini," katanya.

Ia menambahkan ajang F1 Powerboat Lake Toba akan dilaksanakan pada 24-26 Februari di Balige Kabupaten Toba.

Dengan pelaksanaan ajang internasional ini, sebagai kabupaten tetangga, kata Waston Simbolon, Pemkab Samosir berbenah dan siap dikunjungi. Diperkirakan Kabupaten Samosir akan banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Wakapolres Samosir, Kompol TL. Tobing meminta peserta gabungan kurve untuk membersihkan lokasi yang sudah ditentukan, yakni membersihkan lingkungan mendukung F1 Powerboat Lake Toba sebagaimana instruksi Kapolda Sumut.

"Kita secara serentak untuk pembersihan, kegiatan ini bukan hanya didaerah kita saja, tetapi di seluruh polres, pemkab dan TNI di kawasan Danau Toba bergerak untuk kebersihan" katanya. 

Baca juga: 500 pelari ramaikan Samosir Lake Toba Ultra 2022

Baca juga: Sandiaga dorong ekonomi kreatif dan kampanye sadar wisata di Samosir

Baca juga: Mahasiswa KKN-PPM UGM bantu inovasi bisnis kopi di Samosir

Baca juga: Delegasi W20 kunjungi destinasi Huta Siallagan Samosir

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023