Jakarta (ANTARA) - Pokémon Festival Jakarta sukses menjadi destinasi liburan akhir tahun bagi para penggemar Pokémon di Indonesia sepanjang Desember 2022 hingga awal Januari 2023.

Selama satu bulan, sebanyak lebih dari 1,6 juta pengunjung meramaikan festival yang dihelat di Pantai Indah Kapuk itu.

Selain mengikuti rangkaian acara dan turnamen, para pengunjung juga memanfaatkan ajang ini untuk berburu berbagai merchandise resmi Pokémon.

"Para pengunjung yang hadir dari berbagai wilayah memeriahkan festival, terutama pada akhir pekan. Baik untuk memburu pernak-pernik bersama keluarga, mengikuti workshop dan turnamen, ataupun sekadar mengambil foto di area festival," ujar General Manager AKG Entertainment Christina Lim dalam keterangan pers yang diterima, Senin.

Baca juga: Pokemon Go ramaikan AFK Festival Piala Presiden Esport 2022 pekan ini

Keragaman Pokémon dikatakan Christina menjadikannya memiliki banyak penggemar dari generasi ke generasi.

Christina menjelaskan, salah satu yang menjadi buruan pengunjung adalah kartu promo Pokémon Game Kartu Koleksi edisi Pokémon Festival Jakarta. Apalagi seri terbaru Pokémon Scarlet dan Pokémon Violet juga diperkenalkan secara resmi dalam gelaran ini.
Pokémon Festival Jakarta 2022 sukses mendatangkan lebih dari 1,6 juta pengunjung selama satu bulan penyelenggaraan di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. (ANTARA/HO-AKG)


Tiga Pokémon dari seri ini hadir yaitu Sprigatito yang merupakan Pokémon tipe Daun, Fuecoco yang merupakan Pokémon tipe Api, dan Quaxly yang merupakan Pokémon tipe Air.

Tidak hanya itu, ketiga Pokémon ini juga ikut serta pada parade spesial penutupan Pokémon Festival Jakarta bersama dengan Pikachu dan Eevee. Pengunjung yang hadir juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan karakter Pokémon.

Selain mencatat jumlah kunjungan hingga 1,6 juta orang, festival ini juga menghadirkan 7.600 pemain baru Pokémon Game Kartu Koleksi yang telah ikut mendaftar di Situs Web Pelatih.

“Kami sangat senang karena The Pokémon Company hadir dan memberi dukungan langsung atas terselenggaranya rangkaian acara Pokémon Festival Jakarta.

ChristIna yakin Pokémon dapat terus menjadi hiburan pilihan utama keluarga.

"Tentunya kami juga akan terus memperkokoh posisi Pokémon sebagai salah satu waralaba terbesar di dunia,” tambah Christina.
Pokémon Festival Jakarta 2022 sukses mendatangkan lebih dari 1,6 juta pengunjung selama satu bulan penyelenggaraan di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. (ANTARA/HO-AKG)



Sementara itu, turnamen Pokémon Game Kartu Koleksi akan memasuki babak lanjutan yaitu Pokémon Regional League pada bulan April 2023 mendatang. Bertempat di kota Surabaya untuk pertama kalinya, pemenang play-off Pokémon Game Kartu Koleksi nantinya akan mengikuti kejuaraan Championship Pokémon Game Kartu Koleksi untuk mendapatkan undangan Pokémon World Championship 2023 di Yokohama, Jepang.

Baca juga: Tiga minuman ini terinspirasi dari Pikachu, Charizard, dan Mewtwo

Baca juga: Pokemon Festival Jakarta dimulai, para monster "mengintai" di PIK

Baca juga: Acara Pokemon terbesar di Indonesia dimulai bulan depan

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023