Jakarta (ANTARA) - Beberapa isu perkotaan dan cukup menarik serta jadi perhatian publik di DKI Jakarta, telah diberitakan oleh Kantor Berita ANTARA, Senin (16/1). 

Isu itu antara lain bersih-bersih Kali Ciliwung hingga pembahasan bantuan sosial (Bansos) COVID-19.

Berikut rangkumannya dan berharap bisa jadi bahan referensi Anda pada Selasa pagi ini.

1. Aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung kumpulkan 1,35 ton sampah

Jakarta (ANTARA) - World Clean-up Day Indonesia (WCD Indonesia) mengumpulkan 1,35 ton sampah dalam aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung yang melibatkan 127 peserta, termasuk kalangan pencipta konten ternama.

Dikutip dari rilis pers yang diterima pada Senin, mayoritas dari 1,35 ton sampah yang dikumpulkan merupakan sampah berjenis plastik sekali pakai dan tekstil bekas pakai.

“Masalah sampah di Indonesia sudah sampai pada taraf yang mengkhawatirkan. Setiap hari, warga Jakarta menghasilkan hampir 7.500 ton sampah." kata CEO dan pendiri Waste4Change dan Greeneration Foundation Mohamad Bijaksana Junerosano.

Selengkapnya bisa baca di sini


2. Pemasukan dari ERP bisa Rp30-60 miliar per hari

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menyebutkan, pemasukan daerah dari jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP) di Ibu Kota bisa mencapai Rp30-60 miliar per hari.

Ismail mengatakan, satu kali perjalanan dari seluruh pengguna kendaraan yang melewati 25 ruas jalan ber-ERP per hari diperkirakan mendapat pemasukan Rp30 miliar, yang dikalikan dua dengan arus pengendara kendaraan sebaliknya.

Selengkapnya bisa baca di sini


3. DPRD DKI segera bahas bansos COVID-19 dengan Pasar Jaya

Jakarta (ANTARA) - Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta segera membahas dugaan korupsi program bantuan sosial (bansos) penanganan COVID-19 tahun 2020 saat rapat dengan Perumda Pasar Jaya sebagai perusahaan yang ditunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebagai penyalur bansos.

"Kami tadi rapat internal untuk mengatur jadwal rapat kerja dengan mitra termasuk BUMD. Nah, hal seperti ini, pertanyaan seperti ini, InsyaAllah akan kita masukkan ketika kita masuk ke jadwal dengan Pasar Jaya," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail di Jakarta, Senin.

Selengkapnya bisa baca di sini


4. Jakpro tetap jadi penyelenggara Formula E pada 2023

Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) tetap menjadi penyelenggara Jakarta E-Prix yang berlangsung di Jakarta Utara pada 3-4 Juni 2023.

Syachrial mengatakan, ketetapan itu disampaikan perwakilan Formula E Operation(FEO) Gemma Roura saat berkunjung dan meninjau langsung Sirkuit Internasional Formula E Jakarta (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Jumat (13/1).

Selengkapnya bisa baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023