Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepala daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggairahkan pembangunan di daerah sejalan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah 2023 "Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

"Tahun 2023 harus menjadi momentum untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi guna mendorong transformasi ekonomi. Pada kesempatan ini, saya ingin menekankan beberapa hal, pertama, para kepala daerah dan Forkopimda agar mengambil langkah-langkah yang bersifat terobosan untuk menggairahkan pembangunan daerah," kata Ma'ruf Amin dalam sambutannya secara daring dalam penutupan acara Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia yang digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ma'ruf juga meminta agar konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah pusat terus dilakukan, terutama jika ditemui kebijakan sektoral dari kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) yang berpotensi menghambat pembangunan daerah.

Kedua, Ma'ruf Amin menekankan bahwa setiap daerah memiliki karakteristik pembangunan berbeda, sehingga perlu intervensi pembangunan yang khas untuk setiap wilayah. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk memadukan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan yang terpadu, inklusif, dan berkelanjutan.

"Secara khusus, saya minta perhatian lebih pada upaya memperbaiki rantai produksi dan rantai nilai di tingkat wilayah. Begitu pun upaya meningkatkan keunggulan kompetitif perekonomian daerah hingga ke level desa," jelasnya.

Baca juga: Presiden beri tips bagi daerah ber-PAD besar hindari kelebihan SiLPA

Ketiga, ia menyampaikan kelembagaan dan aturan main merupakan faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah. Menurutnya, di era keterbukaan saat ini, para kepala daerah dan Forkopimda harus memperkuat pola kerja sama dan kolaborasi, baik di internal pemerintahan maupun dengan para pemangku kepentingan strategis lainnya.

Selain itu diperlukan pula penguatan langkah yang bersifat inovasi dalam pelayanan publik yang berbasis digital.

"Kami berharap kemajuan teknologi digital akan berpengaruh atas keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, termasuk dalam penguatan ekosistem UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), dan sistem perlindungan sosial yang efektif," tambahnya.

Memasuki tahun politik 2023, Ma'ruf Amin mengajak semua pihak mengawal kehidupan berdemokrasi di setiap daerah dengan sehat dan aman. Ia juga meminta seluruh kepala daerah dan unsur Forkopimda memiliki komitmen kuat mengawal kebijakan strategis Pemerintah, khususnya penguatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pengendalian inflasi.

"Akhirnya, dengan mengucapkan alhamdulillahirabbil’alamin, Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditutup," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Jokowi ikuti sesi panel Rakornas Forkopimda hingga makan siang bersama
Baca juga: Presiden menyoroti dua masalah besar penghadang investasi di daerah


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023