Jakarta (ANTARA/JACX) -  Beredar video di platform Tiktok yang menampilkan beberapa foto pesepakbola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang diklaim masuk Partai Golkar.

Dalam video tersebut, terdapat foto CR7 sedang duduk di kursi ruang ganti pemain dan sedang memegang jersey berwarna kuning biru bergambarkan logo partai Golkar.

Unggahan itu telah disukai lebih dari 4.000 pengguna dan dikomentari 739 pengguna lain TikTok.

Berikut adalah narasi pada unggahan tersebut:
"Emang ada bintang pemain sepak bola masuk golkar?" Lantas, benarkah Cristiano Ronaldo Masuk Partai Golkar?

Tangkapan layar hoaks pesebakbola Cristiano Ronaldo masuk Partai Golkar (TikTok)
Penjelasan :
Unggahan yang menampilkan foto Ronaldo yang sedang memegang jersey bewarna kuning dan biru dengan logo Partai Golkar merupakan foto yang telah mengalami penyuntingan dari foto asli.

Foto asli CR7 sedang memegang jersey kuning-biru dapat dilihat pada unggahan akun resmi klub sepak bola Arab Saudi Al-Nassr di Instagram pada 4 Januari 2023.

Pada ungghan itu, Al-Nassr menampilkan foto mega bintang Cristiano Ronaldo yang telah menandatangani kontrak pada 30 Desember 2022.

Ronaldo, dalam unggahan itu, memegang jersey Al-Nassr bertuliskan namanya serta nomor punggung 7 yang identik dengannya. Tapi, tidak ada tulisan ataupun logo Partai Golkar pada unggahan itu.

Konten yang menampilkan Cristiano Ronaldo memegang kaus Partai Golkar di TikTok termasuk sebagai hoaks satir atau parodi.

Klaim: Cristiano Ronaldo masuk Partai Golkar
Rating: Salah atau hoaks

Cek fakta: Hoaks, Cristiano Ronaldo masuk Islam karena foto pakai serban

Cek fakta: Hoaks! PDIP umumkan Ahok dan Ganjar untuk Pilpres 2024

Baca juga: Partai Golkar gaet pemilih pemula pada Pemilu 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023