Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita humaniora pada Selasa (17/1) mulai dari manfaat permainan lato-lato untuk menimbulkan emosi positif hingga tablet penambah darah yang berguna mencegah stunting.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Manfaat lato-lato

Psikolog Klinis Anak yang juga merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Efriyani Djuwita menyatakan permainan lato-lato dapat menimbulkan emosi positif dan memacu diri untuk menguasainya.

"Tren di masyarakat mengenai permainan ini mampu menambah rasa penasaran dan ingin mencoba sehingga akhirnya banyak kita jumpai anak-anak memainkan lato-lato di mana-mana," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Pengajuan permohonan halal

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menerima pengajuan permohonan pemeriksaan halal dari 15.273 pelaku usaha sepanjang 2022 yang meningkat 48 persen dibanding 2021.

"Angka ini naik 48 persen dari tahun 2021 yang berjumlah 10.337 pelaku usaha. Sementara jumlah permohonan pada tahun 2022 mencapai 15.273 dan jumlah produk sudah 297.308," kata Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kajian penambahan masa jabatan Kades

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan kementeriannya telah menyiapkan kajian akademik penambahan masa jabatan Kepala Desa menjadi sembilan tahun dalam satu periode.

"Ketika respon DPR siap dan Presiden perintah maka tidak perlu menunggu lama karena kita sudah siapkan naskah akademiknya, meskipun terus kita kembangkan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Pentingnya perbaikan DTKS

Menteri Sosial Tri Rismaharini memaparkan alasan pentingnya perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui data kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Risma mengatakan saat ia baru menjabat, pihaknya mendapat amanat perbaikan data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) seiring adanya temuan masalah penyaluran bantuan sosial oleh KPK, BPK dan BPKP.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Cegah stunting

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan upaya penting pencegahan stunting di Indonesia terjadi pada siklus sebelum kelahiran yang memerlukan intervensi pemberian tablet penambah darah serta asupan makanan kaya protein hewani.

"Pencegahan stunting paling penting itu di sebelum lahir. Sebab, 23 persen bayi lahir stunting, sehingga perlu intervensi dengan cara memastikan jangan sampai ibunya anemia," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023