Jakarta (ANTARA) - Apple Inc dikabarkan menunda peluncuran headset augmented reality (AR), namun, masih pada tahun ini.

Reuters mengutip laporan Bloomberg, Rabu, melaporkan peluncuran headset AR ditunda karena masalah teknis. Perangkat itu dijadwalkan meluncur pada musim semi tahun ini.

Laman The Information semula memperkirakan Apple akan meluncurkan headset AR pada pertengahan bulan ini. Alih-alih headset AR, Apple meluncurkan MacBook Pro terbaru yang menggunakan chip M2 Pro dan M2 Max.

Apple menggunakan teknologi mixed reality, gabungan AR dan virtual reality (VR) untuk headset yang akan mereka luncurkan. Bloomberg juga mengatakan headset AR itu akan dijual pada kisaran harga 3.000 dolar Amerika Serikat.

Apple belum memberikan tanggapan atas isu penundaan peluncuran headset AR.

Setelah meluncurkan headset AR pertama mereka tahun ini, Apple juga dikabarkan mencari cara untuk menurunkan harga perangkat headset berikutnya, yang diperkirakan akan hadir pada 2024 atau 2025.

Meta Platforms tahun lalu meluncurkan headset mixed reality Quest Pro seharga 1.500 dolar AS, alias setengah dari harga prediksi headset AR Apple.

Untuk mencapai target itu, Apple akan menggunakan chip yang digunakan iPhone, bukan chip yang ada pada lini komputer Mac.



Baca juga: Apple daftarkan paten xrOS jadi sistem perangkat realitas campuran

Baca juga: "Headset" AR Apple diduga bernama "Reality"

Baca juga: Headset AR/VR Apple diprediksi pakai chip M2

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023