Jakarta (ANTARA) - Kota Amiens, yang terletak di bagian utara Prancis, ingin meminjam lukisan sebuah lukisan yang kini diyakini menjadi milik penyanyi Madonna.

Lukisan yang dimaksud berjudul "Diana and Endymion" karya Jerome-Martin Langlois yang menggambarkan dewi Romawi Diana sedang mengagumi Endymiion yang tampan, seperti diwartakan Reuters, Rabu (17/1) waktu setempat.

Lukisan "Diana and Endymion" dulu dipajang di salah satu museum di Amiens. Sayangnya, lukisan hilang setelah kota itu dibom Jerman pada 1918, saat periode Perang Dunia I.

Harian Le Figaro dari Prancis melaporkan lukisan itu, atau paling tidak identik, dilelang di New York, Amerika Serikat, pada 1989. Madonna membeli lukisan itu senilai 1,3 juta dolar AS.

Baca juga: Madonna ikut aksi protes kematian George Floyd meski cedera lutut

Perwakilan Madonna belum memberikan tanggapan atas isu itu.

Amiens, kota kelahiran Presiden Prancis Emmanuel Macron, menjadi kandidat European Capital of Culture untuk 2028. Wali kota Amiens Brigitte Foure dalam sebuah video di Facebook mengatakan mereka tidak mempermasalahkan akuisisi secara legal lukisan itu.

Amiens membutuhkan lukisan "Diana and Endymion" sebagai salah satu strategi mereka untuk menjadi ibu kota budaya Eropa.

"Berkaitan dengan kesempatan itu, tahun ini, saya berharap Anda bisa meminjamkan lukisan itu kepada kami," kata Foure.

Raja Prancis Louis XVIII meminta Langlois membuat lukisan "Diana and Endymion" untuk dipajang di ruang Diane di Istana Versailles. Lukisan kemudian dibeli oleh negara pada 1873.

Foure menduga lukisan itu dipinjamkan kepada mereka oleh Louvre sebelum Perang Dunia I.

Baca juga: Madonna akan tur di Amerika-Eropa untuk rayakan 40 tahun berkarya

Baca juga: Gaun ikonik Madonna dilelang hingga Rp2,8 miliar

Baca juga: Ratu pop Madonna buka gelaran MTV VMA 2021

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023