Kerja sama ini memungkinkan EIGER mengadopsi teknologi digital untuk diaplikasikan pada industri ritel modern. Sebagai langkah awal yang strategis bagi EIGER untuk go global sekaligus mendukung persiapan EIGER untuk membuka toko pertama di Swiss
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), PT WIR Asia (WIR Group) mendukung brand EIGER Adventure dalam menjajaki penerapan teknologi interaktif.

Komitmen yang ditandai dengan perjanjian kerja sama antar kedua pihak dilakukan pada perhelatan Pertemuan Tahunan World Economic Forum (WEF) 2023 di Davos, Swiss, untuk mendukung pelaksanaan teknologi interaktif di toko EIGER pertama di Swiss.

CEO EIGER Christian Sarsono dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, menjelaskan penandatanganan kesepakatan ini sekaligus menandai komitmen EIGER untuk mengadopsi teknologi digital, agar mampu beradaptasi dan mengantisipasi berbagai perkembangan teknologi.

"Kerja sama ini memungkinkan EIGER mengadopsi teknologi digital untuk diaplikasikan pada industri ritel modern. Sebagai langkah awal yang strategis bagi EIGER untuk go global sekaligus mendukung persiapan EIGER untuk membuka toko pertama di Swiss," ujar Christian.

Melalui kerja sama pengembangan teknologi interaktif ini, EIGER juga mencoba mengeksplorasi pengalaman digital bagi para konsumen, baik menggunakan isyarat, perintah suara, dan bentuk masukan lainnya.

Christian juga mengungkapkan rasa bangga dapat bekerja sama dengan perusahaan pengembang teknologi sekelas WIR Group yang juga merupakan perusahaan anak bangsa karena dapat membuka pasar global yang lebih luas melalui ekosistem dunia digital.

"Keterlibatan teknologi masa depan ritel modern sangat diperlukan, terlebih untuk memberikan pengalaman interaktivitas dengan konsumen. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan pengakuan secara global dan track record yang mumpuni serta dapat diandalkan," katanya.

Christian menambahkan standar kualitas yang tinggi dari Swiss menjadi inspirasi bagi EIGER untuk terus belajar, berkarya, berinovasi dan berkolaborasi dengan semangat berkelanjutan, dalam mengembangkan produk yang dapat diterima oleh konsumen Indonesia dan dunia.

Langkah global EIGER telah dimulai dengan mengenalkan brand perlengkapan luar ruang asal Indonesia pada perhelatan WEF Annual Meeting 2023 serta hadir di Indonesia Pavilion untuk memaparkan rencana pembukaan toko di Swiss.

"Berlokasi di ajang WEF Annual Meeting 2023, Kami akan melakukan pre-launching pembukaan toko EIGER Swiss di depan publik multinasional. Kami memperkenalkan EIGER sebagai salah satu brand lokal Indonesia yang berupaya untuk terus konsisten memenuhi persyaratan standar kualitas dan sustainability," kata Christian.

Dalam kesempatan serupa, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus mengatakan WIR Group melihat EIGER merupakan salah satu contoh positif dari banyak perusahaan lokal dan pelaku bisnis yang selalu siap dalam mengembangkan dan memperkuat lini bisnis melalui adopsi teknologi digital serta menjangkau pasar yang lebih luas.

"Kami di WIR Group selalu terbuka untuk melakukan kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Upaya kami bukan hanya untuk mendukung bisnis mitra semata, namun lebih jauh lagi untuk mengembangkan ekosistem digital nasional serta mewujudkan perekonomian digital nasional pada tahun 2025," kata Gupta.

Sementara itu, Plt Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rizki Handayani mengapresiasi kedua perusahaan anak bangsa ini yang dinilai dapat memotivasi pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya untuk berkompetisi secara global.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada EIGER atas pre-opening Toko EIGER di Interlaken Swiss, serta kepada WIR Group yang telah memungkinkan terwujudnya adopsi teknologi digital interaktif ini. Semoga ini menjadi awal bagi pengusaha Indonesia lainnya untuk go global dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional," katanya.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023