Saya akan menjadi ketua steering committee
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) memastikan terlibat dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik, Formula E Jakarta yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

“Saya akan menjadi ketua steering committee (komite penasehat/pengawas),” kata Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis.

Sedangkan Wakil Ketua Umum IMI bidang Olahraga Mobil Ananda Mikola menjadi Ketua Racing Committee Formula E Jakarta 2023.

“Sedangkan untuk jajaran organizing committee (panitia pelaksana) akan segera diumumkan dalam waktu dekat, yang pasti akan ada kejutan terkait siapa ketua panitianya,” ucap Bambang.

Ia juga memastikan penyelenggaraan Formula E Jakarta pada 2023 tidak akan menggunakan APBD DKI Jakarta.

Nantinya, lanjut dia, BUMD DKI Jakarta yakni Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penyelenggara lokal akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak swasta untuk menjadi sponsor dengan skema business to business.

“Biaya penyelenggaraannya tidak terlalu besar, karena sirkuit sudah dibangun dan fee penyelenggaraan acara juga sudah dibayarkan ke FEO,” katanya.

Sementara itu, lima bulan menjelang pelaksanaan balapan seri ke-10 dan ke-11 di Jakarta itu, perwakilan Formula E Operation (FEO) telah meninjau Sirkuit Ancol, Jakarta Utara beberapa hari lalu.

Hasilnya, kata dia, dari segi sirkuit tidak mengalami kendala dan menyebut bahwa FEO puas dengan persiapan teknis dan nonteknis.

Pelaksanaan Formula E Jakarta dilakukan selama tiga musim, yakni periode 2022-2024.

Keputusan itu diambil setelah renegosiasi dari awalnya lima musim yaitu 2020-2024, akibat pandemi COVID-19.

Terkait sponsor global yang melekat dengan Formula E di antaranya didukung perusahaan bir, jam tangan, perusahaan ekspedisi, maskapai penerbangan hingga perusahaan asuransi global yang tertera pada laman Formula E.

Sedangkan sponsor dalam negeri, pelaksana ajang balap mobil listrik Jakarta 2023 itu belum melakukan penjabaran lebih lanjut.
Baca juga: Jakpro tetap jadi penyelenggara Formula E pada 2023
Baca juga: Ketua DPRD minta Jakpro cari sponsor untuk danai Formula E
Baca juga: IMI dukung Formula E Jakarta tak gunakan dana APBD DKI


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023