... Demam itu salah satu tanda tubuh kita membentuk daya tahan terhadap penyakit tertentu...
Jakarta (ANTARA News) - "Demam itu salah satu tanda tubuh kita membentuk daya tahan terhadap penyakit tertentu," kata Staff Uji Klinis PT Bio Farma, dr Viska Indriani. Dia menyitir kekhawatiran umum orangtua terkait imunisasi DPT balita dan bayinya.

Menurut dia, meski bayi demam namun kekebalah tubuh anak tersebut akan lebih kuat. Terutama, dalam hal terlindung dari penyakit difteri, pertusis dan tetanus (DPT).

Bayi yang telah diimunisasi DPT, bukannya tidak mungkin terkena tiga penyakit itu. Viska mengungkapkan bahwa imunisasi hanya meningkatkan kekebalan tubuh anak, sehingga memperkecil kemungkinan untuk sakit.

"Minimal tidak akan parah efeknya jika nantinya terkena... ," kata Viska.

Untuk itu, dia menghimbau agar para ibu tidak perlu ragu mengimunisasi bayinya ke puskesmas terdekat menggunakan vaksin dari PT Bio Farma. Menurut Viska, vaksin tersebut semuanya telah mendapatkan pengakuan dari WHO, sehingga terjamin kualitasnya.

Imunisasi DPT merupakan salah satu imunisasi wajib yang diberikan pada bayi. Imunisasi ini biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, dimulai ketika bayi berusia dua bulan. 

(lod

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012